Badan Kepegawaian Tingkatkan Kompetensi Ratusan ASN Bone Bolango

Sumber: kominfo.bonebolangokab.go.id

KBRN, Gorontalo: Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mengikuti workshop pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang mengambil tema pengelolaan disiplin dan kinerja serta pengembangan kualifikasi dan kompetensi ASN dalam rangka peningkatan Indeks Profesionalitas ASN.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bone Bolango itu, dibuka secara resmi Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma, di Damhil Hotel, Gorontalo, Kamis (18/8/2022).

Dalam sambutannya Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma mengungkapkan pengembangan sumber daya manusia aparatur merupakan bagian penting dalam rangka pencapaian tujuan organisasi dan berkaitan dengan ketersediaan tenaga-tenaga yang memiliki kemampuan mendukung kinerja organisasi dalam mencapai tujuan yang direncanakan.

Dijelaskan Sekda, Pemerintah Daerah yang juga merupakan organisasi pelayanan publik juga mengedepankan faktor SDM dalam pencapaian tujuan organisasinya.”Membangun SDM aparatur pada hakekatnya adalah membangun keunggulan kompetensi diri dari sdm aparatur itu sendiri sesuai bidang tugas dan kegiatan yang dilakukan,”jelas Ishak Ntoma.

Olehnya itu, lanjut Sekda, peningkatan SDM aparatur tidak lepas dari  standar profesionalitas ASN, dimana kriteria yang digunakan untuk mengukur tingkat profesionalitas ASN yang mencakup dimensi kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin sesuai dengan indikator dari tujuan dan sasaran Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tahun 2021-2026.

“Adapun tujuannya adalah meningkatkan profesionalitas ASN dengan sasaran meningkatnya kualitas ASN yang profesional dan penempatan ASN yang profesionalisme,”terang Sekda Ishak Ntoma.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, BKPSDM Bone Bolango, Kartini Mabiu, menjelaskan tujuan kegiatan workshop ini, di antaranya meningkatkan kompetensi bagi para aparatur daerah untuk perbaikan Nilai Indeks Profesionalitas ASN.

Selanjutnya, untuk meningkatkan pemahaman aparatur daerah dalam mengemban tugas yang diberikan, serta meningkatkan kualitas kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin di lingkungan kerja Pemerintah Daerah.

“Workshop yang menghadirkan pemateri dari BKN Regional XI Manado, yakni Kahrudin, selaku Kabid Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian ini diikuti 168 orang peserta, terdiri dari Sekretaris OPD, Kepala Puskesmas, KTU, Sekretaris Lurah, Kasubag Kepegawaian dan Pengelola Kepegawaian, serta Kepala Sekolah,”jelas Kartini Mabiu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar