Komisi I Harap Aplikasi SIDEKA-NG Bisa Penuhi Layanan Masyarakat

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, AW. Thalib, memberikan sambutan dalam penutupan bimtek aplikasi SIDEKA-NG, Selasa (5/7/2022), di Boalemo. Bimtek ini diikuti 22 desa/kelurahan yang menjadi pilot project Gorontalo Digital. (Foto : Kominfo)

KBRN, Gorontalo – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, AW. Thalib, berharap aplikasi Sistem Informasi Desa Kawasan -New Generation (SIDEKA-NG) bisa memenuhi harapan dalam pelayanan kepada masyarakat Desa/Kelurahan. Harapan ini disampaikannya saat menutup kegiatan bimbingan teknis aplikasi SIDEKA-NG, Selasa (5/7/2022) di hotel Grand Amalia, Boalemo.

“Saat ini kita sementara berpacu untuk memberikan informasi maupun data, termasuk pelayanan kepada masyarakat. Melalui aplikasi SIDEKA ini diharapkan bahwa semua kebutuhan-kebutuhan kita bisa dilayani hanya dalam satu genggaman di handphone kita,” harap AW.Thalib.

AW. Thalib menyatakan, setelah adanya aplikasi SIDEKA-NG yang diterapkan untuk desa, yang paling menentukan adalah brainwarenya.

“Ini yang paling menentukan adalah yang dikenal brainware, ini adalah SDM yang harus disiapkan di masing-masing desa ataupun kelurahan,” jelas AW. Thalib.

Ia memberikan penguatan kepada peserta yang telah mengikuti bimtek ini baik secara luring maupun daring. Ia menyarankan, bagi yang tidak mengikuti dan masih memiliki banyak pertanyaan, agar bisa bertanya kembali ke Kominfo Provinsi Gorontalo, dan Kominfo harus bisa menularkan ilmu ini agar dipahami secara luas.

“Ini agar bisa dipahami dengan baik karena butuh integritas, komitmen. Tanpa komitmen, tanpa integritas, ini menjadi sebuah program yang tidak ada ujungnya, mungkin hanya bisa berjalan satu dua bulan, kemudian ini akan segera berakhir,” kata AW. Thalib.

Komisi I berharap program ini tidak berakhir seperti pajangan yang tidak ada manfaatnya, tanpa adanya perubahan data atau informasi seperti yang diharapkan masyarakat.

“Mudah-mudahan impian ini akan bisa kita bisa wujudkan pada waktu yang akan datang setelah 700 desa di Provinsi Gorontalo ini sudah siap dengan aplikasi SIDEKA-NG,” pungkas AW. Thalib.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar