Kakanwil Kemenag Syafrudin Baderung Ingatkan Pegawainya Tentang Percepatan Serapan Anggaran

KBRN, Gorontalo : Usai menyerahkan SK kenaikan pangkat dan SK Purna Tugas, Senin (04/07/2022), berlangsung di halaman kantor, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung dihadapan para pejabat eselon dan para pegawai lainnya, lagi dan lagi kembali mengingatkan tentang penyerapan anggaran tahun 2022.

Pada kesempatan itu saat pimpin apel pagi rutin, Kakanwil Kemenag Gorontalo, Syafrudin Baderung mengatakan secara hitungan waktu pada bulan Juli tahun 2022 berjalan ini serapan DIPA harusnya sudah mencapai 75%. Oleh karena itu harus dalam penyerapan anggaran iniharus di kejar dengan cara mengoptimalkan serapan anggaran, cek kembali setiap kegiatan dan atur kembali rencana untuk merealisasikannya.

Penyerapan anggaran harus mengedepankan kualitas, output dan outcome yang jelas dan terukur. Belanja modal dan pengadaan barang dan jasa harus memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. “Dalam merealisasikan anggaran, harus mengedepankan pada kualitas, output serta outcome yang jelas, terutama dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat,” terangnya.

Lanjut Kakanwil menambahkan, jika dalam DIPA masih terdapat kegiatan ataupun belanja modal yang tidak bisa direalisasikan, segera berkoordinasi secepatnya dengan pejabat perencana. Serapan anggaran ini harus dipacu. Pastikan anggaran yang terserap apakah berjalan dengan optimal, efektif, efisien, akuntabel dan nyata output, outcome serta manfaatnya bagi masyarakat. Harus cerdas menangani anggaran dan cerdas melakukan realisasi anggaran bersama-sama mengatasi masalah sehingga penyerapan anggaran terserap dengan baik sesuai yang diharapkan.

“Saya berharap bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan harus segera mungkin di selesaikan sesuai target. Sejak awal bulan Juni kemarin saya sudah mengingatkan pada bulan Juli ini, serapan anggaran harusnya sudah mencapai 75%. Sisa-sisa anggaran segera sisir dan dilaksnaakan degan baik. Ingat kita sudah brada pada semester kedua jadi tolong perlihatkan kinerja kita dengan baik jangan hanya tau menuntut tetapi tidak mau memperlihatkan kinerja kita dengan baik,” sambungnya.

Diakhir penyampaianya itu Kakanwil memberikan apresiasi kepada PPIH serta seluruh jajaran Kemenag yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan ibadah haji musim haji 1443H/2022M. “Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan pelaksanaan pemberangkatan jemaah haji pada tahun ini. Alhamdulillah pemberangkatan para jemaah haji tahun ini semuanya berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (rls/Kemenag.co.id) (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar