Bupati Gorontalo Utara Serahkan Bantuan Perikanan

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, menyerahkan bantuan perikanan tangkap dan budidaya kepada nelayan di 11 kecamatan. (Foto : Antara)

KBRN, Gorontalo - Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, menyerahkan bantuan perikanan kepada nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kwandang, Kamis (30/06/2022).

Bantuan yang diserahkan berupa mesin tempel bagi nelayan tangkap pemilik perahu ikan tradisional, serta kendaraan roda dua dan tiga untuk penampung, pedagang dan pemasar ikan keliling. Juga wadah penampung ikan (steoroform box) untuk 130 orang di 13 kelompok, kotak pendingin (box freezer) dan mesin pembuat es.

Thariq berharap, seluruh bantuan bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan pada umumnya. Apalagi program pemberian bantuan tersebut diikuti dengan sosialisasi tentang penggunaan alat dan mesin yang diterima setiap penerima bantuan.

Mengingat pemerintah daerah sangat berharap, potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki ditunjang dengan pengelolaan oleh sumber daya manusia (SDM) yang dapat meningkatkan produksi perikanan tersebar di 11 kecamatan di wilayah pesisir tersebut.

"Bantuan ini harus benar-benar mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan pendapatan keluarga," katanya.

Bupati mengimbau, agar setiap penerima bantuan dapat merawat bantuan yang diterima, tidak dipindahtangankan agar bantuan tersebut dapat berkelanjutan.

"Jika pemanfaatan bantuan berhasil, tentu dapat menerima bantuan yang lebih besar lagi. Namun jika tidak dirawat atau hanya dipindahtangankan, tentu pemerintah daerah tidak lagi tertarik menambah atau melanjutkan penyaluran bantuan," katanya.

Ia juga meminta pihak Dinas Kelautan dan Perikanan agar melakukan mekanisme pengawasan dengan baik agar penerima memanfaatkan bantuan yang diterima sesuai peruntukkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar