Jemaah Haji Provinsi Gorontalo Kloter 17 UPG Resmi Diberangkatkan, Ini Yang disampaikan Penjabat Gubernur

KBRN, Gorontalo : Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Gorontalo kembali memberangkatkan secara resmi 58 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 17 UPG melalui upacara pemberangkatan, Kamis (30/06/2022).

Sebelumnya, Selasa (28/06/2022), Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Gorontalo telah memberangkatkan 393 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 14 UPG yang terdiri dari 156 orang dari Kota Gorontalo, 185 orang asal Kabupaten Gorontalo, 19 orang Kabupaten Boalemo dan 29 orang jemaah Kabupaten Gorontalo Utara ditambah 4 petugas kloter.

Pemberangkatan ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Syafrudin Baderung, kepada Ketua Rombongan Wirham Hunawa Ahmad.

Berbeda dengan pemberangkatan sebelumnya, jemaah haji Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam kloter 17 UPG hanya terdiri dari 1 rombongan yang terbagi atas 6 regu. Nantinya rombongan ini akan bergabung dengan jemaah haji asal Provinsi Papua Barat yang dilengkapi dengan petugas kloter. 

Hamka Hendra Noer dalam sambutannya mengingatkan kembali menunaikan ibadah tidak cukup dengan niat saja, tetapi memerlukan fisik yang kuat, meningkatkan kesabaran dan menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

“Selamat bagi jemaah yang telah terpilih dan berkesempatan menunaikan ibadah haji, sebab masih banyak yang belum bisa berangkat. Saya mengingatkan bahwa menunaikan ibadah tidak cukup dengan niat saja, tetapi didukung oleh fisik yang kuat, bertawakal dan menjaga kesehatan selama menjalankan Rukun Islam yang kelima ini,” tutur Hamka.

“Doakan Provinsi Gorontalo senantiasa dalam lindungan dari Allah Swt, dijauhkan dari segala macam bencana dan menjadi daerah Baldatun Toyyibatun Warrobbun Ghafur. Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo, saya memberangkatkan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 17 UPG. Semoga diberikan kesehatan lahir dan batin, kekuatan, kemudahan dan kenyamanan dalam rangkaian pelaksanaan ibadah. Semoga menjadi haji yang mabrur,” tutupnya.

Sebelumnya Kakanwil melaporkan total keseluruhan jemaah haji Provinsi Gorontalo pada kloter 17 UPG sebanyak 58 orang yang terdiri dari 26 orang berasal dari Kabupaten Pohuwato dan 32 jemaah Kabupaten Bone Bolango. 

“Rombongan ini akan bergabung bersama jemaah haji asal Provinsi Papua Barat dalam kloter 17 UPG. Jemaah haji Provinsi Gorontalo dijadwalkan berangkat dari Bandara Djalaludin Gorontalo dengan maskapai Lion Air pada pukul 18.45 wita,” tutur Syafrudin. 

“Selanjutnya Kloter 17 UPG bertolak menuju Jeddah, Arab Saudi, menggunakan maskapai Garuda dengan kode penerbangan GA 1117 pada 1 Juli 2022 pukul 01:15 wita dan direncanakan tiba di Jeddah pada 1 Juli 2022 pukul 09:15 Waktu Arab Saudi (WAS). Kloter 17 UPG tergabung dalam maktab 14 sektor 2 wilayah Syisyah Raodah Hotel Tharawat Al Taqwa nomor 201, atau menempati hotel yang sama dengan kloter 14,” lanjutnya.

Kakanwil juga menerangkan jemaah dijadwalkan kembali ke tanah air melalui Bandara Madinah dengan maskapai Garuda nomor GA 1217 pada tanggal 11 Agustus 2022 pukul 02:00 WAS, dan tiba di Makassar pada tanggal 11 Agustus 2022 pukul 20:35 wita. Selanjutnya dijadwalkan akan tiba kembali di Gorontalo pada tanggal 12 Agustus 2022 pukul 00.35 wita. (rls/kemenag.co.id) (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar