Petani Kopi Pinogu Kembangkan Bisnis Lokal Berbasis Ekowisata

Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma, menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada workshop pengembangan bisnis lokal produk unggulan daerah di Kabupaten Bone Bolango, di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Rabu (29/6/2022). Foto: Diskominfo

KBRN, Gorontalo: Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) RI terus melakukan pengembangan bisnis lokal sebagai produk unggulan daerah di Kabupaten Bone Bolango. Salah satunya melalui pelaksanaan workshop pengembangan bisnis lokal produk unggulan daerah di Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan yang diikuti 35 peserta yang sebagian besar merupakan pelaku usaha, kelompok tani dan masyarakat petani kopi Pinogu dari Kecamatan Pinogu itu, dibuka secara resmi Asisten Deputi Konsultasi Bisnis dan Pendampingan, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM  Destry Anna Sari secara lewat via zoom metting dan dihadiri Sekda Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Rabu (29/6/2022).

Sekda Ishak Ntoma dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan workshop pengembangan wirausaha lokal, khususnya produk unggulan daerah, yakni Kopi Pinogu berbasis ecotourism (ekowisata) yang dilaksanakan oleh KemenKopUKM itu untuk mengembangkan potensi produk lokal di Kabupaten Bone Bolango, khususnya di kawasan Kecamatan Pinogu.

“Kami atas nama Pemda Bone Bolango menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KemenKopUKM yang telah memilih Bone Bolango, khususnya Pinogu menjadi salah satu sasaran program kerja KemenKopUKM membangun bisnis berbasis kearifan lokal khususnya dalam konteks ekowisata. Ini sangat luar biasa,”ujar Sekda Ishak Ntoma.

Menurutnya, banyak daerah di Indonesia yang mirip Pinogu, tapi dari sekian banyak daerah itu, KemenKopUKM memilih Pinogu sebagai salah satu sasaran program kegiatan mereka.”Ini yang perlu kita syukuri, khususnya para petani di Kecamatan Pinogu,”kata Ishak Ntoma.

Lewat workshop ini, jelas Ishak Ntoma, tentu kita diberi pemahaman bagaimana mengelola wirasusaha yang berbasis ekowisata di Pinogu dan Bone Bolango pada umumnya. Karena kita sendirilah yang akan menumbuhkembangkan dan belajar untuk menjadi wirausaha andalan yang ada di Bone Bolango, khususnya Pinogu.

“Pinogu kedepan tetap menjadi primadona bagi Bone Bolango. Maka peluang ini jangan sia-siakan. Olehnya itu, saya harapkan mari kita ikuti, simak, pelajari dan perhatikan materi yang disampaikan para narasumber untuk bagaimana kita membangun wirausaha yang berbasis ekowisata di Kecamatan Pinogu,”tandas Ishak Ntoma.

Di akhir penyampaiannya, mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone Bolango itu, berharap semoga bantuan dari KemenKopUKM ini tidak sekali, tetapi berlanjutan. Tidak hanya dalam konteks pelatihan maupun workshop, tapi juga bantuan dalam bentuk paket sarana prasarana dalam membangun wirausaha yang kita butuhkan.

“Terlebih dalam mendorong, membantu dan berkolaborasi dengan pembangunan ekowisata di Kabupaten Bone Bolango,”tutup Sekda Ishak Ntoma.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar