Penutupan MTQ ke-X Provinsi Gorontalo Berlangsung Meriah

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat menyerahkan piala bergilir MTQ ke-X tingkat Provinsi Gorontalo kepada Wali kota Gorontalo Marten Taha sebagai peraih juara 1 umum di Taman Taqwa, Bone Bolango, selasa malam (28/6/2022). (Foto : Kominfo)

KBRN, Gorontalo – Penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-X tingkat Provinsi Gorontalo berlangsung meriah. Perhelatan akbar yang berlangsung sejak tanggal 22 – 28 Juni ini resmi ditutup oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer di Taman Taqwa, Kabupaten Bone Bolango, selasa malam (28/6/2022).

“Walaupun pelaksanaan MTQ akan berakhir pada malam ini, tetapi kita berharap bahwa nilai – nilai yang terkandung dalam kitab suci Al – Quran akan lebih tertanam dalam benak masyarakat Gorontalo yang memiliki falsafah adat bersendikan syara’ dan syara’ bersendikan kitabullah,” tutur Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

Kemeriahan penutupan MTQ ke-X diawali dengan tarian kolosal dari 200 siswa SMP se-kabupaten Bone Bolango, pengumuman kejuaraan, hingga pertunjukan kembang api dan gema dzikir oleh  Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Gorontalo. Semarak ini pun menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan sehingga Taman Taqwa malam itu dipadati oleh masyarakat.

Penjagub Hamka menilai kesuksesan penyelenggaraan MTQ ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah, panitia penyelenggara, serta seluruh masyarakat yang telah berupaya menjadi tuan rumah yang baik. Ia berharap gema dan syiar saat pelaksanaan juga pasca MTQ tahun ini, bisa memberikan barokah bagi jajaran pemerintah dan masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh kafilah dari seluruh kabupaten/kota yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan MTQ tahun ini, semoga kebersamaan diantara kita senantiasa terjaga dan terpelihara di masa sekarang dan masa yang akan datang,” kata Penjagub  Hamka Hendra Noer.

Tak lupa Hamka juga mengapresiasi pada kafilah yang berhasil menorehkan prestasi pada MTQ ke-X kali ini. Prestasi ini diharapkan dapat berlanjut pada pelaksanaan MTQ  tingkat nasional di Kalimantan Selatan.

“Bagi peserta yang belum mendapatkan prestasi saya berharap semoga tetap terus berlatih dan tidak patah semangat, sebab yakinlah bahwa ini hanyalah sukses yang tertunda,”imbuhnya.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim MTQ tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2022 nomor : 03/dh-gt/VI/2022, juara 1 umum diraih oleh Kota Gorontalo dengan perolehan 15 emas, 10 perak, 4 perunggu dan total poin 109. Peringkat kedua diraih oleh Kabupaten Gorontalo dengan perolehan 4 emas, 10 perak, 10 perunggu dan total poin 60. Sementara peringkat ketiga diraih oleh tuan rumah yakni Kabupaten Bone Bolango dengan perolehan 5 emas, 7 perak, 8 perunggu, dan total poin 54.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar