Pemkab Gorontalo Utara Bertekad Wujudkan Daerah Bebas Orang Sakit

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Robin Daud. (Foto : DOk. Antara)

KBRN, Gorontalo  - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, bertekad berupaya mewujudkan daerah bebas orang sakit melalui peningkatan layanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkab Gorontalo Utara, Robin Daud mengatakan pelayanan kesehatan di daerah itu akan memprioritaskan kunjungan petugas  kesehatan dalam optimalisasi layanan yang diberikan.

"Aparatur di setiap puskesmas akan bekerja optimal mencari orang sakit. Kemudian dilayani dengan baik hingga nanti kita harapkan dapat mewujudkan daerah bebas orang sakit," ucapnya.

Inovasi di bidang layanan kesehatan itu, telah diawali di Puskesmas Molingkapoto, Kecamatan Kwandang atau di wilayah pusat ibu kota kabupaten, sebagai puskesmas utusan Kabupaten Gorontalo Utara pada penilaian puskesmas terbaik tingkat provinsi Gorontalo.

Selain itu, keberadaan Puskesmas Molingkapoto tergolong unik kata Robin, sebab mampu menjadi puskesmas tangguh "survival".

Meski beberapa kali lokasi puskesmas yang berada di lintas Sulawesi itu diterjang banjir, hingga pagar roboh namun tidak mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat.

"Seluruh aparatur medis bekerja optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Olehnya, puskesmas ini menjadi percontohan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Disamping telah membuka pusat konsultasi secara daring (online) melalui aplikasi WA senter.

Setiap hari, kepala puskesmas Molingkapoto menyapa seluruh masyarakat melalui layanan tersebut. Kemudian langsung diteruskan ke seluruh perangkat desa, termasuk kader kesehatan desa di wilayah pelayanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar