Bupati Nelson Lepas 185 Jamaah Calon Haji Kabupaten Gorontalo

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberikan sambutan pada pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 14 UPG di Masjid Baiturrahman, Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Ahad (26/6/2022). (Foto: Istimewa)

KBRN, Gorontalo   - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melepas 185 Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 14 UPG di Masjid Baiturrahman, Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Menurut data Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo, pada tahun ini peserta jamaah haji asal Kabupaten Gorontalo terdiri dari 111 jamaah perempuan dan 74 jamaah laki-laki. Untuk menjamin keamanan dan keselamatan JCH, Kementerian Agama melakukan skrining usia peserta maksimal 65 tahun dan telah memenuhi syarat vaksinasi dosis lengkap hingga booster.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam penyampaian nya mengungkapkan rasa syukur, sebab pelaksanaan ibadah haji ke tanah suci mulai bisa dilakukan setelah sempat tertunda selama dua tahun berturut turut.

"Kita harus benar benar bersyukur karena di tahun 2022 ini, musim haji kita Indonesia diberlakukan, termasuk di seluruh dunia dan Gorontalo," ucap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Pemberangkatan JCH di Masjid Baiturrahman Limboto berlangsung hikmat. Keluarga dan kerabat turut mengantarkan JCH untuk menunaikan panggilan ibadah ke Tanah Suci.  Setelah pelepasan oleh Bupati, JCH asal Kabupaten Gorontalo akan bergabung dengan JCH Provinsi Gorontalo di Mess Haji Gorontalo.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengimbau Jamaah Calon Haji tahun 2022 untuk selalu menjaga kesehatan dam kekompakan selama berada di Tanah Suci, Mekkah.

"Dibukanya kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi tahun 2022 merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi masyarakat Indonesia khususnya JCH di Kabupaten Gorontalo," ujar Roni.

Karenanya ia berpesan agar para jamaah yang diberangkatkan untuk mengutamakan kesehatan dan kekompakan agar semua rukun haji akan dapat diikuti dengan baik.

"Terus jaga kesehatan, menjalankan protokol kesehatan menjaga kekompakan selama ibadah haji," pungkas Sekda Kabupaten Gorontalo Roni Sampir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar