DPRD Harap Pelayanan Kesehatan Gorontalo Utara Lebih Baik

Anggota DPRD Gorontalo Utara Lukum Diko terkait peningkatan layanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas. (Foto : Antara)

KBRN, Gorontalo -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, meminta,  pelayanan kesehatan di daerah itu dapat berlangsung lebih baik. 

Anggota DPRD Gorut Lukum Diko berharap pihak Dinas Kesehatan Gorontalo Utara memperhatikan bentuk-bentuk pelayanan kesehatan yang wajib diterapkan. Termasuk kemudahan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan terbaik, karena pelayanan kesehatan menjadi urusan prioritas pemerintah daerah sehingga tidak boleh ada masyarakat yang terabaikan.

"Khususnya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki dan puskesmas di daerah ini," kata Lukum Diko, Kamis (26/05/2022).

Ia juga mengkritisi terkait beredar video pelayanan di salah satu puskesmas.

"Insiden tersebut jangan sampai terulang lagi. Prosedur merujuk pasien harus diterapkan sesuai standar pelayanan. Harus ada tahapan pemeriksaan terhadap pasien dan penanganan pertolongan pertama kemudian mengambil tindakan merujuk. Jangan sampai terkesan puskesmas menolak pasien," katanya.

Lukum Diko meminta pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan agar terus berupaya meningkatkan fasilitas pelayanan Rumah Sakit Zainal Umar Siddiki. Kelengkapan fasilitas penunjang, alat medis, termasuk ketersediaan dokter dan tenaga perawat perlu menjadi perhatian utama untuk menunjang pelayanan yang diperlukan. Keseimbangan antara pemberian pelayanan dan kesejahteraan seluruh tenaga medis, baik di rumah sakit maupun puskesmas perlu mendapat perhatian.

"Dengan demikian, kesejahteraan mereka sebagai perangkat utama dalam pelayanan kesehatan dapat terpenuhi untuk menunjang optimalisasi pelayanan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar