Wujudkan Haji Mabrur yang Mandiri, PHU Kemenag Boalemo Gelar Bimbingan Manasik

KBRN, Gorontalo : Menjadi Haji yang mabrur merupakan impian bagi seluruh umat islam yang menunaikan ibadah haji. Terlebih lagi, jikalau para jemaah haji tersebut bisa menunaikannya secara mandiri.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boalemo, Hamka Isa Boyola saat diwawancarai disela-sela pelaksanaan kegiatan Bimbingan Manasik Haji tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi tingkat Kabupaten Boalemo bertempat di aula Kankemenag Boalemo, Rabu (25/05/2022).

“Kami dari Kemenag Boalemo dalam pelaksanaan kegiatan ini menargetkan kepada para calon jamaah Haji dari Boalemo menjadi mandiri dan tidak terlalu bergantung pada petugas yang menyertai jamaah,” ucapnya.

Kenapa hal ini dilakukan, lanjut Hamka, karena petugas yang nantinya bakal mendampingi para jamaah terbatas. Sehingganya, apabila keseluruhannya meminta untuk ditangani dalam waktu bersamaan maka petugas akan kelabakan.

“Olehnya, melalui kegiatan ini kami akan menghadirkan pemateri dari yang sangat profesional dibidangnya, seperti untuk kesehatan langsung dari dinas kesehatan yang akan memberikan materi dan untuk Dokter, adala Dokter yang telah berpengalaman dalam menangani para jamaah Haji,” tuturnya.

Untuk itu, Hamka berharap kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan materi selama 3 hari ini agar nantinya bisa sesuai dengan apa yang telah diharapkan.

“Semoga, para jamaah akan memahami apa yang akan dilaksanakan, baik itu misalnya ada di Arafah nanti atau di Mina, mereka sudah paham dan tidak tergantung sepenuhya kepada petugas kloter,” tuntasnya.  (rls/Kemenag.go.id) (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar