Kemenag Boalemo Ingatkan Jemaah Jaga Kesehatan Fisik dan Disiplin

KBRN, Gorontalo : Dalam rangka persiapan pemberangkatan Jemaah Haji Musin Haji Tahun 2022, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boalemo, melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), gelar manasik pada 19 Jemaah yang ada di Kabupaten Boalemo, (25/5/22) di aula kantor.

Dalam materinya, Kepala Kantor Kemenag Boalemo H. Sabara K. Ngou kembali mengingatkan jemaah agar setibanya di tanah suci untuk fokus melaksanakan ibadah, dan mengesampingkan kegiatan lain yang tidak bernilai ibadah. Mengingat, niat utama mengunjungi tempat tersebut adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. 

Maka untuk memaksimalkan pelaksanaan ibadah, tentunya harus didukung oleh kesehatan fisik jemaah yang bakal melaksanakan ibadah haji. Sehingganya, dirinya berpesan agar jemaah melakukan olahraga kecil-kecilan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik dengan tujuan agar setibanya di tanah suci nanti, tidak jemaah yang sakit atau kurang sehat. 

Mengingat, rentetan perjalanan ibadah ini sangat padat dan dipertemukan dengan jemaah yang berasal dari seluruh dunia yang tentunya dengan kondisi fisik yang berbeda-beda. 

Masih kata Sabara, pada seluruh jemaah yang berasal dari Kabupaten Boalemo harus disiplin, termasuk disiplin menggunakan seluruh identitas yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan jemaah ketika berpisah dengan anggota lainnya. Dengan indentitas tersebut juga memudahkan petugas untuk menemukan ketika ada jemaah yang kesasar. 

"Seluruh atribut yang diberikan mohon itu bapak/Ibu gunakan terus, karena akan membantu anda ketika ketinggalan dengan anggota lainnya. Jika anda tidak disiplin, maka ketika anda kesasar, petugas akan kesulitan melacak keberadaan anda jika anda tidak menggunakan identitas yang diberika," ungkapnya. 

"Kemudian, untuk jemaah ketika nanti berada disana, mohon menggunakan pakaian yang sopan yang menutup seluruh tubuh. Tujuannya apa, agar tidak merusak atau mengganggu ibadah orang lain karena pakaian yang kita gunakan tidak layak," tambahnya. 

"Olehnya, disiplin sangat diperlukan untuk jemaah, agar bisa melaksanakan seluruh rentetan ibadah haji," tutupnya.   (rls/Kemenag.go.id) (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar