Kabupaten Gorontalo Antisipasi Penyebaran PMK Ternak

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto : Dok. Antara)

KBRN, Gorontalo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo melakukan langkah antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, salah satunya sapi. Bupati Gorontalo, Nelson Pomaling, mengatakan langkah pencegahan dilakukan dengan mulai menyuntikkan vaksin kepada sapi di daerah itu.

Ia menjelaskan vaksinasi penting dilakukan untuk mengantisipasi PMK yang bisa menyebabkan kematian tinggi kepada hewan ternak. Apalagi dalam waktu dekat umat Muslim akan merayakan hari raya kurban atau Idul Adha.

"Memang di Sulawesi dan Gorontalo belum ada kasusnya. Karena itu kita lakukan antisipasi penyuntikan," ungkap Bupati Nelson usai melaksanakan vaksinasi sapi di desa Dumati, Kecamatan Telaga Biru (Ahad 22/05/2022).

PMK memang dapat menyebabkan tingkat kematian hewan ternak yang sangat tinggi. Karenanya Bupati Nelson meminta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mengidentifikasi semua ternak, termasuk hewan yang masuk ke wilayah Kabupaten Gorontalo.

"Penyakit ini menyebabkan kematian ternak lebih besar, sehingga perlu kita antisipasi," jelasnya.

Untuk mendukung upaya Pemerintah, Bupati Gorontalo meminta para peternak melakukan hal-hal antisipatif, seperti rutin menjaga kebersihan kandang, memberikan vaksin ke hewan ternak, dan melaporkan sapi yang didatangkan dari luar daerah ke Dinas Peternakan untuk diperiksa.

PMK, meskipun tidak menular ke manusia namun Bupati Nelson Pomalingo menginginkan masyarakat Kabupaten Gorontalo mengonsumsi daging hewan yang sehat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar