Pelayanan Admindu Di Kota Gorontalo Terintegrasi Melalui Aplikasi SIAK

Foto Humas

KBRN,Gorontalo:Langkah maju Pemerintah Kota Gorontalo menjelang 3 Tahun Kepemimpinan Dr. Hi. Marten A. Taha, S.E., M.Ec.Dev dan Ryan F. Kono, B.COM., M.AP sebagai Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo periode 2019- 2024 berkomitmen meningkatkan pelayanan publik termasuk urusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui pengalihan SIAK Terdistribusi ke SIAK Terpusat. 

Proses pengalihan dilakukan Migrasi Aplikasi sejak Kamis 19 Mei 2022. SIAK terpusat menggunakan Aplikasi SIAK yang memudahkan dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di wilayah Kota Gorontalo sejak Jumat 20 Mei 2022. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo Yusrianto Kadir mengungkapkan, selama Proses Migrasi Aplikasi SIAK berlangsung Direktorat Jenderal DUKCAPIL melaksanakan Sharing Knowlegde dan Bimtek melalui Daring bersama Kepala Dinas, Kepala Bidang, tenaga Teknis dan Operator pada DISDUKCAPIL Provinsi Gorontalo dan Kalimantan Selatan serta Kabupaten Kota.

Yusrianto menyebutkan proses migrasi aplikasi SIAK ini akan dipacu, sehingga pelayanan administrasi kependudukan tidak terhenti. Pelayanan dilakukan secara Offline dan normal kembali pada hari Jumat, 20 Mei 2022. 

"Dengan penerapan SIAK Terpusat segera akan dilaksanakan penggunaan Identitas Digital atau Digital ID bagi Warga Kota Gorontalo dan tentunya apa kita harapkan  pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Genggaman ( Public Service In Your Palm ) akan segera terwujud di Kota Gorontalo" ujar Yusrianto.

Lanjut Yusriyanto SIAK terpusat merupakan sebuah sistem informasi yang disusun berdasarkan mekanisme dan standarisasi dalam menata sistem Administrasi Kependudukan terintegrasi dengan server data base Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar