DPRD Gorontalo Utara Dorong Percepatan Normalisasi Sungai

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko. Foto : Dok. Pribadi

KBRN, Gorontalo - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong percepatan kegiatan normalisasi sungai dalam upaya mencegah bencana banjir di daerah itu.

"Anggarannya telah tersedia, sehingga tidak ada alasan lagi kegiatan normalisasi yang telah direncanakan di Tahun Anggaran 2022 ini tidak terealisasi," kata Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko di Gorontalo, Jumat (28/01/2022).

Lukum mengaku, melalui pokok-pokok pikiran sebagai Anggota DPRD, telah memastikan program pengerukan sedimen di Sungai Ilangata dan Tolango Kecamatan Anggrek, dengan total nilai mencapai Rp400 juta untuk segera dilaksanakan tahun 2022 ini.

Hal itu dilakukan dalam upaya penanggulangan bencana banjir yang terus melanda desa-desa di daerah aliran sungai tersebut.

"Masyarakat kelelahan saat banjir melanda. Mereka tidak hanya harus menyelamatkan harta bendanya, namun wajib membersihkan rumah dan lingkungan sekitar setelah banjir. Olehnya persoalan banjir harus ditangani dengan cepat agar masyarakat tidak bosan," jelasnya.

Ia berharap, pemerintah daerah segera mengurus perizinan pemanfaatan areal hutan bakau (mangrove) yang ada di muara Sungai Ilangata dan Sungai Monano. Mengingat kegiatan normalisasi sungai terkendala dengan adanya areal hutan tersebut, sehingga kegiatan di lokasi itu wajib disertai dengan izin pemanfaatan.

"Saya berharap pemerintah daerah segera mengurus perizinan tersebut agar percepatan program normalisasi sungai segera terwujud," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar