Pokjaluh Kemenag Bonebol Sosialisasikan Aplikasi SIMPAI

KBRN, Bone Bolango : Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melaksanakan sosialisasi pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Penyuluh Agama Islam (SIMPAI), bertempat di gedung Aula, Selasa (25/01/2022).

Kegiatan dihadiri Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Bonebol Arfan A. Tilome, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Salman H. Ali, Ketua Pokjaluh Agama Islam Sukri Umar, dan diikuti oleh 10 perwakilan Kepala KUA, 10 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 20 Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Mengawali kegiatan Kakankemenag memberikan sambutannya terkait pelaksanaan sosialisasi aplikasi yang dikhususkan untuk penyuluh tersebut.

Kakankemenag memberikan apresiasi kepada Pokjaluh Kemenag Bonebol yang telah berinovasi melakukan transformasi digital untuk memudahkan penyuluh dalam hal pelaporan kegiatan tugas dan fungsinya.

"Saya sangat mengapresiasi Pokjaluh Kemenag Bonebol, diawal tahun ini telah melakukan inovasi layanan digital khusus untuk memudahkan tugas kepenyuluhan," ungkap Arfan

Arfan menjelaskan sekarang ini kita dituntut untuk menjadi E-Government, dimana semua layanan pemerintahan harus berbasis elektronik, olehnya Kemenag Bonebol saat ini tengah mengupayakan transformasi layanan umat dalam bentuk digital, yang tentunya dapat memberikan kemudahan dari segi waktu dan biaya untuk masyarakat internal maupun eksternal.

"Dengan dinamika birokrasi dan ekpetasi masyarakat yang tinggi terhadap semua layanan pemerintahan, maka kami dituntut untuk beralih ke E-Government, sehingga saat ini kami sedang mengupayakan beberapa layanan Kemenag Bonebol untuk dapat didigitalisasikan," Ujar Arfan

Lanjut Sukri Umar menjelaskan aplikasi SIMPAI dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pembuatan sekaligus sinkronisasi laporan bulanan kegiatan tugas dan fungsi penyuluh fungsional dan Non PNS yang sebelumnya dikerjakan secara manual kini bisa lebih efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi.

Kakankemenag berharap sosialisasi pengenalan aplikasi tersebut dapat diikuti dangan baik dan peserta bisa memberikan saran untuk penambahan fitur-fitur apabila terdapat kekurangan dengan tetap memperhatikan regulasi yang ada.

“Jika ada kekurangan, mari kita sempurnakan aplikasi ini dengan menambahkan fitur-fitur pendukung tapi tetap mengacu pada regulasi yang ada, sehingga aplikasi ini dapat segera dimanfaatkan oleh seluruh penyuluh agama islam di Kemenag Bonebol,” tutup Arfan.

Ucapan terima kasih pun diberikan Kakankemenag kepada Pokjaluh sebelum menutup sambutannya, menurut Arfan Pokjaluh Kemenag Bonebol sangat luar biasa dalam mengambil langkah cepat untuk transformasi layanan digital

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar