Pemkot Gorontalo Alokasikan Rp.107 M Ke PDAM Untuk Meningkatkan Layanan Air Bersih

Foto Bobi

KBRN,Gorontalo:Cakupan layanan Air bersih kepada masyarakat di Kota Gorontalo melalui PDAM belum sepenuhnya terpenuhi.

Masyarakat yang menggunakan Air bersih PDAM saat ini baru mencapai 57 persen. Ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Gorontalo untuk meningkatkan pasilitas Air bersih di Instalasi Pengolahan Air(IPA). 

Kapasitas air bersih melalui PDAM saat ini baru 325 liter per detik sedangkan untuk menyahuti kebutuhan masyarakat terhadap Air bersih ini harus mencapai minimal 500 liter per detik,ungkap Wali Kota Gorontalo Marten Taha usai menyerakan Ekskavator dan mobil tangki di IPA Kabila,Selasa(18/01/2022).

“saya meningkatkan kapasitas layanan air bersih ini melalui pembangunan IPA di tiga titik sebesar 150 liter perdetik sehingga bisa mencapai 500 liter perdetik dengan total anggarannya seluruhnya kurang lebih 107 Milyar lebih karena termasuk penggantian terhadap pipa-pipa yang sudah usang serta penyambungan kerumah-rumah penduduk kurang lebih ada 1500 unit”imbuhnya

Sementara itu direktur PDAM Kota Gorontalo Luky Paudi menjelaskan tahun 2022 ini pihaknya berkomitmen pelayanan air bersih di Kota Gorontalo akan lebih baik lagi. Anggaran Ratusan Milyar rupiah ini akan di fokuskan pembenahan pasilitas pelayanan Air bersih kepada masyarakat.      

“instalasi kita yang ada di Botu saat ini kapasitasnya 40 liter perdetik dan disitu juga akan dibangun IPA konstruksi beton kapasitas 150 liter perdetik dan di dungingi juga tahun ini akan dibangun IPA kapasitas 50 liter dan sebagian pekerjaan sudah dalam posisi kontrak”jelasnya  

Ketua Dewan pengawas PDAM Kota Gorontalo Totok Bachtiar menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah kota Gorontalo atas kepedulian dalam meningkatkan layanan Air bersih kepada masyarakat.    

“sejak tahun 2020 sampai saat ini, itu ada tiga poin peting yang sudah berubah di PDAM yang pertama SDM, pelayanan dan Infrastruktur tentunya kami berharap kepada direktur DPAM untuk terus berusaha untuk lebih baik lagi, jangan perna puas apa yang telah diraih tapi harus berusaha semaksimal mungkin agar seluruh masyarakat yang ada di kota Gorontalo benar-benar terlayani air bersih”tegasnya    

Pada kesempatan itu Anggota Dewan Kota Gorontalo Irwan Hunawa menilai terobosan Pemda Kota Gorontalo ini sudah tepat, karena pemenuhan Air bersih ini merupakan kebutuhan sadar dan wajib hukumnya bagi pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan secara maksimal.

“tidak sedikit anggaran pemerintah yang diberikan kepada PDAM ada 100 juta lebih, apa yang dilaksanakan hari ini rujukanya adalah bagaimana pelayanan kepada masyarakat, besar harapan kami dengan adanya penambahan kapasitas air bersih dan alat-alat ini akan menunjang kegiatan”harapnya 

Irwan menegaskan DPRD mendukung sepenuhnya kebijakan pemda manakala program tersebut untuk menyehuti kepentingan masyarakat.

Pengadaan Air satu Unit Ekskavator ini sangat bermanfaat untuk mengatasi jika terjadi gangguan dilokasi IPA seperti adanya sedimen dipermukaan termasuk Kendaraan Tangki berfungsi untuk mendistribusikan Air kerumah warga jika terjadi gangguan saluran Air di PDAM.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar