Kanwil Kemenag Lakukan Audit Syariah Di Baznas Boalemo

Pelaksanaan Audit Syariah di Kantor Baznas Kabupaten Boalemo

KBRN, Gorontalo : Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Gorontalo melalui Bidang Bimas Islam melaksanakan Audit Syariah terhadap pengelolaan zakat, Infaq  dan sedekah di  Baznas Boalemo, Selasa (29/11/21). Pelaksanaan kali ini, Tim Audit Syariah melibatkan  Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Provinsi, Prof. Dr. H Fahrudin Olilingo. Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Drs. H. Suleman Tongkonoo disela-sela kegiatan itu menyampaikan, hasil audit yang dilakukan Tim pada dasarnya pengumpulan maupun penyaluran yang dilakukan Baznas Kabupaten Boalemo sudah memenuhi syariah. Hanya saja tim Audit meminta Basnas Boalemo untuk kembali secara rutin melakukan sosialisasi  kepada masyarakat terutama bagi ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Pelaksanaan Syariah tentang pelaksanaan Baznas badan amil zakat yang ada di Kabupaten Boalemo kami setelah memperoleh informasi-informasi yang ada sebenarnya semuanya sudah tidak ada masalah untuk baik itu pengumpulan maupun penyalurannya berdasarkan syariat, tetapi yang jadi masalah sekarang ini adalah memang untuk basnas Kabupaten Boalemo ini perlu lagi banyak mensosialisasikan kepada masyarakat terutama bagi ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo karena sampai dengan sekarang ini ternyata yang pengumpulan zakat dari ASN yang dulu sudah jalan lancar untuk sekarang ini kemudian menjadi mandek lagi,” Ungkap Suleman.

“Sehingga itu harapan kami kepada komisioner pengurus baznas Kabupaten Boalemo untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah dan juga lebih banyak mensosialisasikan pada masyarakat yang ada terutama dari instansi-instansi pemerintah untuk pengumpulan zakat dan zakat ini adalah menjadi salah satu kewajiban bagi setiap yang beragama Islam, sehingga harapan kami kepada pengurus baznas Kabupaten Boalemo untuk lebih banyak lagi melakukan sosialisasikan terutama ASN yang ada di Kabupaten Boalemo,” tambahnya.

Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Provinsi, Prof. Dr. H Fahrudin Olilingo mengutarakan, beberapa tahun terakhir ini pengumpulan Zakat khususnya di kalangan ASN  yang ada di Daerah ini mengalami menurunan yang cukup siknifikan. Hal ini menurutnya karena tidak adanya dukungan dari Pemerintah Daerah terhadap  peran Baznas.

“Kami sudah melaksanakan audit disini dan setelah kami melakukan audit perkembangan dari pada sumber pendapatan Baznas belakangan ini mengalami penurunan, karena memang Pemerintah daerah kabupaten Boalemo ini belum sepenuhnya mendukung Baznas. Buktinya bahwa pengumpulan zakat dari PNS itu mengalami penurunan drastis dari yang sebelumnya mencapai 120 jutaan sekarang tinggal 12 juta. Ini harus mendapat perhatian dari Pemerintah daerah terutama dalam hal dukungan terhadap peran Baznas, ” tutur Fahrudin.

Sementara itu, Komisi Fatwa MUI Provinsi Gorontalo Dr. H. Hamdan Ladiku mengungkapkan, pelaksanaan Audit ini lebih ke proses audit berbasis Syariah. Hal ini sebagaimana diamanatkan pada undang-undang 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

“Kami ditugaskan oleh Kementerian Agama untuk melakukan audit pengelolaan zakat di baznas kabupaten kota se Provinsi Gorontalo. Audit ini lebih ke proses audit berbasis Syariah. Artinya bagaimana pengelolaan zakat yang dilaksanakan secara implementatif di atas amanat undang-undang 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat benar-benar sesuai dengan ketentuan syariah,” Ungkapnya.

“Kita akan melakukan audit bukan hanya pada pengumpulan tetapi bagaimana proses pendistribusian benar-benar sesuai dengan standar. Artinya bahwa silakan baznas ini merencanakan program-program dalam bentuk perencanaan tetapi dipastikan dan ini menjadi sasaran kami bagaimana semua program itu sesuai dengan terutama program pendistribusian dan pendayagunaan zakat sesuai dengan standar 8 asnaf,” Ucap Hamdan.

Pada kegiatan Audit Syariah kali ini, Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Drs. H. Suleman Tongkonoo di dampingi Kasie Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Maryam Hamid serta Penyelenggara Zakat Wakaf Kabupaten Boalemo Wani Tuki.  (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar