Rumah Singgah Sampah Segera Hadir di Bone Bolango

Asisten III Setda Bone Bolango saat memantau proses pembangunan RSS. (Foto: Istimewa)

KBRN, Gorontalo: Pembangunan Rumah Singgah Sampah (Rumah Sisa) di Bone Bolango terus berproses. Hingga Rabu (25/11/2021) Pembangunan Rumah Sisa terus terus digencarkan. Rencananya pembangunannya akan selesai dalam sepekan.

Rumah Singgah Sampah yang dibangun di lahan milik pemerintah daerah Bone Bolango di Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone, mulai dikerjakan Senin (25/11/2021)

Giza Feristya, perwakilan Sekretariat LTKL melaporkan, untuk pembangunan Rumah Singgah Sampah sementara masih dalam proses. "Saat ini ada tim dari Raw Haus dibantu dengan tukang dan tenaga lokal untuk membangun," jelas Giza dan menambahkan, harapannya jika tidak ada halangan, Rumah Sisa rencananya akan selesai dibangun tanggal 30 November 2021. LTKL merupakan merupakan mitra Paredice yang membangun Rumah Sisa ini.

Sementara itu, Rendy Aditya Wachid selaku Koordinator Paredice saat konferensi pers Kick Off program kerjasama antar Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dengan mitra LTKL, September silam menjelaskan, beberapa opsi yang sedang dieksplorasi adalah daur ulang sampah menjadi material bangunan, dan pemeliharaan kawasan konservasi Bone Bolango.

“Dalam kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango ini, kami berperan untuk menciptakan pola pikir baru melalui edukasi terintegrasi terhadap produksi dan konsumsi sampah, lewat sistem pengumpulan, pemilahan, dan pengolahan material yang dapat dimanfaatkan kembali untuk memantik kegiatan komunitas muda, sebagai motor utama komitmen warga demi lingkungan yang lebih baik,” terangnya.

Beberapa opsi yang sedang dieksplorasi adalah pelatihan pengoperasian mesin pengolahan sampah dan FGD alur pengelolaan sampah di Desa Hoangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. (rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar