Warga Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo Didorong Kreativ Kelola Sampah

KBRN, Gorontalo : Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo terus mendorong masyarakat untuk kreatif dalam mengelola sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat serta mampu mengembangkan energi bersih terbarukan. Festival Kabupaten Lestari (FKL) ke 4 di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango merupakan wadah untuk mendorong warga agar kreatif dalam mengelola sampah tersebut. 

Selain itu, kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, FKL juga merupakan ajang untuk mengkampanyekan kembali pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan dan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai kekuatan kearifan lokal.

“FKL ini bertujuan untuk melaksanakan praktik-praktik yang baik di tengah masyarakat dalam mewujudkan visi ekonomi lestari dan kesejahteraan masyarakat,” kata Hamim dalam konferensi pers di Center Point, Bone Bolango, Minggu (28/11/2021).

Hamim Pou menjelaskan bahwa dirinya akan terus berkomitmen untuk melakukan hal-hal yang baik, salah satunya memanfaatkan semua potensi yang ada di daerahnya.

“Kita tahu bersama di Bone Bolango ini 72 persen wilayahnya adalah Taman Hutan Nasional. Hal ini akan kita kelola dengan cara bermitra dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, untuk memanfaatkan energi di dalam hutan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, kemudian kita jadikan lokasi wisata minat khusus tanpa merusak keaslian hutannya,” ujarnya

Terakhir, dia menambahkan festival ini juga memperkenalkan semua potensi yang ada di Bone Bolango dan Gorontalo. Di antaranya, musik etnik hulondalo, lokasi wisata, dan UMKM masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar