Kemenag Perbarui Data Rumah Ibadah di Kab.Gorontalo

Dok.Humas Kemenag

KBRN, Gorontalo : Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam   melakukan pendataan rumah ibadah, masjid dan mushala yang ada di setiap Kecamatan di Kabupaten Gorontalo  Kepala Seksi Bimas Islam H. Wiwin Zuddin Tuna   menjelaskan, pendataan rumah ibadah, masjid dan mushala   penting dilaksanakan, baik pendataan fisik maupun pengelolanya  dan diinput melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (Simas) untuk informasi jumlah masjid sampai ke tingkat pusat.

“Data keberadaan masjid, mushala dan pengelolanya ini sangat penting, selain sebagai kontrol juga menjadi informasi jumlah rumah Ibadah sampai ke tingkat pusat. Untuk memudahkan akses publik tentang informasi, data masjid dan mushala tersebut di data secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (Simas),” jelas Wiwin.

Menurutnya, hingga saat ini, data masjid yang telah diinput melalui aplikasi Simas sebanyak 936. Jumlah ini terdiri dari 1 masjid agung, 19 masjid besar dam 840 masjid jami. Sedangkan untuk jumlah mushala masih dalam perekapan ditingkat kecamatan, sebab keberadaan mushala saat ini yang terdapat di perumahan-perumahan terus bertambah.

"Belum semua masjid dan mushala terdata di Simas, karena data ini belum data final. Namun, pendataan terus dilakukan oleh operator Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing kecamatan. Selain itu, kami juga sudah mengundang pengurus masjid dan mushala untuk proaktif mendaftar,  utamanya bagi mereka yang belum memiliki ID dengan mendatangi KUA Kecamatan," terang Wiwin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00