Cegah Penularan Covid-19, Pemda Boalemo Tingkatkan Tracing

KBRN, Gorontalo : Penanganan pandemi covid-19 di daerah Boalemo terus dilakukan. Selain memaksimalkan vaksinasi, pemerintah kabupaten (Pemkab) juga akan meningkatkan tracing atau penulusuran penyebaran Covid-19 ditengah-tengah masyarakat.

Peningkatan tracing ini, sebagai bentuk upaya mengendalikan laju penyebaran virus atau mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan kasus positif terpapar covid-19.

“Untuk saat ini tracing ini yang perlu kami tingkatkan. Karena selama ini, tracing yang kami lakukan sebatas hanya kepada yang melakukan perjalanan,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Boalemo, Anas Jusuf, kepada Gubernur Gorontalo dalam evaluasi penanganan Covid-19 secara via zoom, di Ruang Vicon Kantor Bupati, Selasa (19/10/2021)

Sehingga kata Anas, untuk mengantisipasi meluas penyebaran Covid-19, maka akan dilakukan tracing bagi warga yang melakukan kontak dengan pasien Covid-19.

“Kami akan meningkatkan tracing sesuai dengan target dari Provinsi, terutama tracing kepada yang terkontak positif,” terang orang nomor satu Boalemo itu.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie, menghimbau agar pemerintah kabupaten dan kota bisa memasifkan tracing bagi warga disekeliling yang terkontak positif Covid-19.

“Jika ada yang terkonfirmasi positif satu orang, minimal 15 orang yang ditracing. Sehingga itu mengurangi tingkat kematian, karena kalau tidak tracing keluarga yang terkonfirmasi positif bisa jad bom bardir. Dan jangan terlena dengan level 1, 2, dan 3, setiap hari kita perketat prokes dan vaksinasi,” pesan Gubernur Rusli Habibie. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00