Hamim: Bone Bolango Itu Minimalis Terbatas tapi Efisien

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. (Foto: AKP/Diskominfo)

KBRN, Gorontalo: Kabupaten Bone Bolango kerap menghadapi kondisi sulit, pendapatan asli daerah (PAD) yang terbatas, dihadapkan pada refocusing anggaran. Namun bagi Bupati Hamim Pou, itu menjadi tantangan.

Saat ini kondisi sulit, semua serba terbatas, serba minimalis. Namun semua bisa dikendalikan."Bone Bolango itu minimalis dan terbatas, namun semua efisien,"ujar Bupati Hamim Pou saat memberikan arahan pada apel Korpri di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Jumat (17/9/2021).

Bupati menjelaskan Bone Bolango akan masuk di 20 besar kabupaten/kota pengelola terbaik pemerintahannya. Selama tiga hari Pemda Bone Bolango dampingi patner lembaga paling berpengaruh, namanya kemitraan. LSM yang sangat kuat selalu rilis kebijakan pemerintahan termasuk rilis peringat pemerintah daerah.

Mereka datang ke kita ke Bone Bolango diminta oleh Kementerian Dalam Negeri melakukan interview secara langsung, melihat dan mengkonfirmasi apakah yang dijawab sesuai dengan data dan fakta di lapangan. Apakah praktek itu rill atau di tingkat bawah tidak seperti itu.

"Alhamdulillah hasilnya luar biasa, mereka kaget sekali di tempat yang jauh, tapi kita di Bone Bolango memiliki praktek pemerintahan sangat baik. Salah satunya digitalisasi semua layanan, termasuk di layanan keuangan,"ujar Bupati dan menceritakan mereka kroscek langsung di lapangan, mereka melihat ada Mall Pelayanan Publik.

Berangkat dari itu, Bupati menyampaikan, ia selalu bilang kita mempunyai PAD terbatas, tapi kita bisa tutupi dengan kinerja yang baik karena pemerintah pusat itu fair.

"Jika kinerja baik di pemerintahan, kesehatan, pelayanan akuntabilitas penyelenggara pemerintahan, maka ada yang disebut Dana Insentif Daerah (DID). Alhamdulilah empat tahun terakhir ini Bone Bolango penerima DID terbanyak dan tertinggi di Provinsi Grontalo,"jelas Bupati Hamim Pou.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00