Kanwil Kemenag Lakukan Pendampingan Administrasi Data Wakaf di KUA Paguyaman Pantai

KBRN Gorontalo : Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo melakukan Pendampingan Administrasi Data Wakaf di Tiga Kabupaten Kota se Provinsi Gorontalo. Ketiga Daerah yang dikunjungi yaitu Kabupaten Pohuwato, di Kantor Urusan Agama (KUA) Lemito, Kabupaten Boalemo KUA Paguyaman Pantai dan Kabupaten Gorontalo di KUA Limboto Barat. Kegiatan Pendampingan Administrasi Data Wakaf tersebut dipimpin Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Suleman Tongkono’o. Kepada RRI seusai melakukan   Pendampingan  di KUA Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo Selasa, (27/7/21) mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan terkait dengan pendataan Tanah Wakaf yang ada dimasing-masing Kantor Urusan Agama. Berdasarkan hasil kunjungan tersebut Tim Pendamping masih menemukan sebanyak 17  Persil akta ikrar wakaf di Kecamatan itu yang belum diterbitkan sertifikat Wakaf. Padahal Menurut Suleman ketika telah memiliki akta ikrar seharusnya langsung dilakukan penerbitan sertifikat  Tanah Wakaf.   

“Kami dari Tim Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo saat ini mendatangi Kantor Urusan Agama di Provinsi Gorontalo dan salah satunya di KUA Kecamata Paguyaman Pantai, ini dalam rangka untuk pendampingan pendataan tentang Tanah Wakaf. Setelah kami meninjau secara langsung khususnya untuk Tanah Wakaf yang ada di Kecamatan Paguyaman Pantai ini sebanyak 17 Persil tetapi baru dalam bentuk akta ikrar wakaf, yang seharusnya setelah akta ikrar wakaf keluar langsung di proses untuk penerbitan sertifkat Tanah Wakaf. Oleh karen itu pada kesemapatan ini kami meminta kepada Kepala KUA kecamatan baik itu di Kecamatan Paguyaman Pantai dan di KUA kecamayan di Seluruh Provinsi Gorontalo begitu sudah ada akta ikrar wakaf langsung diproses untuk mendapatkan sertifikat Tanah Wakaf”. Ungkap Suleman

Sementara itu Penyelenggara Zakat dan Wakaf  Pada Kantor Kemenag Kabupaten Boalemo Wani Tuki menyampaikan, apresiasinya kepada tim Pendamping dari Kemenag Provinsi Gorontalo yang melakukan Pendampingan Administrasi Data Wakaf di Daerah itu.

“ Saya selaku penyelenggara Zakat dan Wakaf pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tim Pendamping yang telah melaksanakan Pendampingan Adminstrasi Data wakaf yang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Paguyaman Pantai” Tuturnya.

Wani Tuki berharap, dengan adanya Pendampingan yang dilakukan Tim Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, penataan administrasi dan data wakaf di seluruh KUA di Daerah itu  lebih khusus di Kecamatan Paguyaman  Pantai semakin baik kedepan. Bahkan dirinya akan ikut membantu seluruh Kepala KUA dalam proses penerbitan Sertifikat tanah Wakaf . (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00