Kemensos RI Gelar Sosialisasi Persiapan Puskesos-SLRT di Boalemo

KBRN Gorontalo : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf M.Si, membuka secara resmi Sosialisasi Persiapan Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) – Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan Tahun 2021, Jumat (18/6/2021) di Rumah Makan Kerapu Tilamuta.

Kegiatan yang digelar Kementerian Sosial RI itu, dihadiri Ketua Tim Pusdiklat Kemenerian Sosial Doktor Joyakin Tompubolon, sejumlah perwakilan OPD serta peserta kegiatan terdiri dari Petugas Puskesos di Dua Desa yang sudah terbentuk Puskesos serta Petugas Puskesos dari desa calon lokasi Puskesos, Supervisor Kecamatan, serta Fasilitator Desa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boalemo Mondru Mopangga dalam laporannya menyampaikan, Puskesos adalah program sistem layanan dan rujukan terpadu yang merupakan wujud dari unit pelayanan bagi rumah tangga miskin. Dimana Puskesos, merupakan tempat pelayanan bagi rumah tangga sasaran di wilayah kecamatan, desa/kelurahan dalam pelaksanaan percepatan Program penanggulangan kemiskinan.

“Adapun tujuan pembentukan Puskesos, adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial guna mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan,” ungkapnya.

Ketua Tim Pusdiklat Kemenerian Sosial Dr. Joyakin Tompubolon saat memberikan sambutan menyampaikan, pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial merupakan amanat Undang-undang nomor 11 tahun 2009 serta undang-undang nomor 13 tahun 2011. Dalam undang-undang tersebut diamanatkan untuk penyelenggaraan kesejahteraan Sosial masyarakat dilakukan melalui Puskesos.

Joyakin menambahkan, untuk menjabarkan Undang-undang tersebut Kementerian Sosial telah menerbitkan Peraturan Menteri Sosial Permensos nomor 15 tahun 2018 tentang pedoman layanan dan rujukan terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu. Bahkan untuk lebih mempercepat terkait dengan Penanganan Kesejahteraan Sosial, Kemensos sejak dari 2016 sampai tahun 2019 telah membetuk 150 Puskesos di 32 Provinsi. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf, ketika membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas inisiatif Kemensos RI yang akan membentuk Puskesos di Kabupaten Boalemo sebagai pusat layanan rujukan bagi masyarakat yang memerlukan layanan kesejahteraan sosial secara terpadu.

“Kami dari Pemerintah Daerah sangat mensuport memberi apresiasi kepada Kementerian Sosial yang punya program ini untuk supaya bisa bersinergi dalam rangka memecahkan persoalan dan menekan angka kemiskinan di Kabupaten kota Se Indonesia khususnya di Kabupaten Boalemo”.

Dengan keberadaan Puskesos diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap multi program atau layanan yang dibutuhkan dalam upaya penanganan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat. Anas minta, agar pemerintahan desa, Kecamatan serta OPD untuk ikut berperan untuk mendukung terhadap keberadaan Puskesos ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00