Pengganti Antar Waktu Almarhumah Syamsia Mohi Sudah Diusulkan ke DPRD Kota Gorontalo

Almarhumah Syamsia Mohi. Foto : Istimewa

KBRN, Gorontalo : DPRD Kota Gorontalo sudah menerima usulan pemberhentian Almarhumah Syamsia Mohi sekaligus usulan Pengganti Antar Waktu atas nama Onies Jafar Akuo dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Gorontalo. Usulan itu sudah dimasukkan pada tanggal 14 September 2021. 

“Harus diketahui, sebelum dilakukan pengangkatan anggota DPRD yang menggantikan, harus diberhentikan dulu secara resmi anggota yang sudah meninggal. Ini diatur dalam PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota,” kata Sekretaris DPRD Kota Gorontalo N. R. Monoarfa.

Sekwan menjelaskan, surat usulan itu, sudah ditindak lanjuti DPRD dengan menyurati Wali Kota Gorontalo. 

Surat tersebut juga sudah diteruskan Wali Kota kepada Gubernur Gorontalo. 

“Mekanisme ini dilakukan supaya almarhumah ini mendapatkan pemberhentian secara resmi sebagai Anggota DPRD Kota Gorontalo. Saya sudah koordinasi dengan pemerintah, surat ini akan diteruskan ke Gubernur,” jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa sekretariat DPRD telah menyurati KPU Kota Gorontalo untuk meminta data urutan perolehan suara pada pemilu 2019 lalu, khususnya calon-calon dari Partai Gerindra, untuk melihat siapa calon yang mendapatkan suara terbanyak di bawah perolehan Almarhumah Syamsia Mohi.

“Surat ini sudah kita kirimkan pada 20 September lalu, karena kita harus menindaklajuti surat dari DPC ini hanya dalam waktu satu pekan. Saat ini kita masih menunggu surat balasan dari KPU. Untuk saat ini baru sampai di sini yang kita tempuh,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00