Besaran Honor Badan Adhoc Belum Pasti Tidak Urungkan Niat Pendaftar

KBRN, Gorontalo: Polemik kepastian honor bagi penyelenggara Badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango tidak mengurangi niat masyarakat untuk mendaftar menjadi penyelenggara (PPK).

Pantauan RRI, Senin(20/1/2020) di Kantor KPU Bone Bolango, hingga hari ke 3 tahapan pendaftaran, sudah 11 orang yang mendaftar. Bahkan kecamatan terjauh pun (Kecamatan Pinogu) sudah ada yang memasukan berkas pendaftaran.

Seyognya Honor bagi PPK tersebut naik pada proses Pilkada tahun 2020. Ini berdasarkan Surat Menteri Keuangan nomor S-735/MK.02/2019 tertanggal 7 Oktober 2019, yang ditindalanjuti KPU dengan mengeluarkan surat nomor: 1017/KU.03.2-SD/01/SJ/IA/019 tentang Penyampaian Kembali Usulan Standar Biaya Honorarium Badan Adhoc Pemilihan Tahun 2020.

Namun karena alasan terlambatnya KPU Bone Bolango menerima edaran tersebut, dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah di tanda tangani pada tanggal 6 Oktober 2019, mengharuskan KPU Bone Bolango masih mengacu pada besaran honor Badan Adhoc Pemilu 2019 lalu.

"Kita sudah menyurat resmi ke pemda ke  bupati, Kita juga sudah diundang oleh pemda (TAPD) bersama DPRD, kita disana bahkan diminta untuk kurangi anggaran kita yang 21,5 M. Sampai detik sekarang belum ada komunikasi balik dari pemda"jelas Komisioner KPU Bone Bolango Sofyan Djama

"Surat dari KPU RI tentang kita untuk berkoordinasi kembali dengan pemda mengenai honor PPK itu, kita sudah laksanakan. Kita sekarang tinggal menuggu kepastian dari pemda"tegasnya

Sofyan menambahkan, dalam waktu dekat ini KPU akan kembali berkoordinasi dengan pemda untuk memastikan besaran honor Badan Adhoc apakah mengacu pada edaran terbaru KPU RI atau mengacu pada NPHD yang sudah ditanda tangani.

"Mudah-mudahan Insya Allah tidak berpengaruh terhadap niat masyarakat untuk mendaftar, karena diketahui masyarakat honor Panwascam ini kan sudah naik 2 Juta 200 untuk Ketua, sementara dikita masih diketahui masyarakat 1 Juta 850 untuk ketua, standar pemilu kemarin"harapnya

Selain berkoordinasi kembali dengan pemda, KPU Bone Bolango juga mencermati kembali anggaran agar dapat memberikan porsi terbaik terkait honor Badan Adhoc.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00