Pembentukan Badan Adhoc, KPU Pohuwato Pastikan Bebas Calo

KBRN, Gorontalo: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo memastikan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan PPK bebas dari Calo. Seiring berjalannya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pembentukan Badan Adhoc perekrutan Panitia Pemilihan Kecamtan (PPK) menjadi perbincangan public yang mengingkan adanya transparasi dari KPU.

Menyikapi hal ini, Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali menjelaskan pada perekrutan nanti, dipastikan terbuka untuk umum, masyarakat dapat memantau langsung proses rekrutmen.

Menurutnya ada pelibatan masyarakat dalam proses dan setiap tahapan akan dipublish sehingga masyarakat dapat memberikan tanggapan, masukan kepada KPU terhadap calon nama-nama yang mengikuti seleksi tersebut.

”Dalam rangka rekrutmen penyelenggara Adhoc khususnya PPK PPS, saya kira KPU sebagai penyelenggara yang diberikan mandat yang diberikan wewenang untuk mengangkat, merekrut dan melantik PPK, ini tentunya ada pelibatan masyarakat di dalamnya. Jadi dalam rangka perekrutan itu kita akan akan publish, kita akan umumkan. Ini terbuka untuk umum”jelas Ketu KPU Kabupaten Pohuwato Rinto Ali kepada RRI, Rabu(15/1/2020)

“Kemudian disetiap tahapan itu, akan ada tanggapan masyarakat, jadi nama-nama calon yang kita publish kemudian nantinya masyarakat bisa menilai dan memberikan masukan terhadap calon-calon yang telah melalui prose situ”tambahnya

Rinto Ali menambahkan dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengawasi jalannya perekrutan anggota PPK maupun PPS akan menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara.

Amanah Undang-undang yang diberikan kepada KPU akan semakin dirasakan masyarakat dalam proses demokrasi terutama menghadapi pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00