Pemda Pohuwato dukung program restorative justice kejaksaan agung

KBRN Gorontalo : Pemerintah Kabupaten Pohuwato bersama Kepala Kejaksaan Negeri Marisa meresmikan pemanfaatan bele poonua (Rumah Kedamaian) di kompleks pelataran kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato. Peresmian Rumah kemaian tersebut dilakukan langsung oleh kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Haruna SH.MHyang didampingi pemerintah setempat dalam hal staf ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan. Staf Ahli Bupati Seta Pohuwato Abdul Mutalib Dunggio mengemukakan kunjungan kepala kejaksaan tinggi Gorontalo di daerah ini antaranya mersmikan rumah restorative justice yang merupakan salah satu program inovasi kejaksaan Agung Republik Indonesia yang tertuang dalam peraturan kejaksaan nomor 15 tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan data. Saat ini lebih kurang 823 kasus tindak pidana umum yang telah disampaikan kejaksaan melalui restorative justice.

" Program restotirative justice tidak hanya berpusat di kecamatan marisa saja namun akan diupayakan dapat menjangkau wilayah di Kabupaten Pohuwato. Menurutnya kolaborasi antara pemerintah daerah, polres dan pengadilan santa dibutuhkan dalam kegiatan turun langsung dilapangan memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan ditengah masyarakat. Dirinya berharap kerja sama semua komponen seperti pemda pohuwato, kejaksaan pohuwato, polres dan pengadilan negeri Marisa akan membantu warga terkait dengan persoalan hukum yang sifatnya tindak pidana ringan".Ungkap Abdul Mutalib Dunggio Jum'at(20/5.2022)

Sementara itu kepala Kejati Gorontalo menambahkan rumah restorative justice merupakan rumah kenyamanan dan penyelesaian perkara antara korban dan pelaku yang sekaligus menciptakan hubungan yang harmonis kedua belah pihak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar