Orientasi Belajar Kampus Dapat Membuka Wawasan Mahasiswa

KBRN, Gorontalo : Politeknik Gorontalo (Poltekgo) melaksanakan Orientasi Belajar Kampus (OBK) kepada mahasiswa baru. Pelaksanaan OBK ini dapat membuka wawasan mahasiswa. OBK dimulai dengan apel pagi dilanjutkan dengan sarapan dan masuk agenda olahraga juga games, sebelum masuk pada sesi materi.

Tiga materi disampaikan hari itu, masing-masing, Pengenalan Himpunan Mahasiswa Prodi, Wawasan Kebangsaan, dan Personality Plus. Materi pengenalan HMP baik itu HMP-THP, HMP-MPP, HMP-TI dibawakan langsung masing-masing Ketua Umum Himpunan.

HMP sendiri merupakan organisasi intra kampus dibawah naungan program studi. Ketua-ketua umum himpunan mengatakan bahwa, manfaat mengikuti organisasi ini untuk memahami administrasi dan melatih skill dibidang public speaking. HMP juga cukup membantu untuk para mahasiswa, menjalin hubungan kekeluargaan antar angkatan.

Materi berikutnya, Wawasan Kebangsaan dibawakan Ketua Ikatan Alumni POLTEKGO, Zulkifli Ibrahim, A.,Md. Alumni angkatan pertama Politeknik Gorontalo ini menjelaskan, wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri, sebagai warga dari suatu negara dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan materi terakhir bertemakan Personality Plus disampaikan dosen Politeknik Gorontalo, Zainuddin Husain, S.Kom., M.Kom. Materi ini tak kalah penting bahkan sangat diperlukan untuk setiap individu.

“Ketika kita bisa memahami kepribadian diri sendiri bahkan orang lain, maka akan terbentuk lingkungan sebagaimana yang diinginkan,” kata Zainuddin.

Materi dibuka dengan topik Kerangka Berpikir Ilmiah (KBI). Zainuddin menjelaskan macam-macam cara berpikir manusia yang terbagi menjadi 3. Kemudian masuk pada pembahasan tentang karakter manusia yang terbagi menjadi 4, yakni sanguinis, melankolis, koleris dan plegmatis.

Sementara itu, Ketua IKA Poltekgo Zulkiifli juga secaa langsung mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru di kampus Politeknik Gorontalo.

“Semoga para mahasiswa baru ini bisa menjadi agent of change dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kampus Politeknik Gorontalo,” ungkap Zulkifli

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar