KKMTs Kabupaten Parigi Moutong Lakukan Studi Banding di MTsN 1 Kota Gorontalo

KBRN : Gorontalo : Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna, menghadiri sekaligus memberikan sambutannya usai menerima kunjungan tim Studi Banding Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten dari Parigi Moutong di MTsN 1 Kota yang berlangsung di aula Terpadu madrasah, Rabu (19/01/2022) kemarin.

Pada kesempatan itu Kakankemenag Kota, Misnawaty menyampaikan sejumlah program yang saat ini sedang dijalankan di Kemenag Kota kepada Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Parigi Moutong. Tahun ini Kementerian Agama khususnya Kemenag Kota Gorontalo masih berfokus pada moderasi beragama, karena tahun 2022 ini merupakan tahun toleransi, olehnya program-program yang dilakukan adalah mendorong untuk hal tersebut.

“Tahun ini kami Kemenag Kota masih fokus pada program tentang moderasi beragama dan kepada Kami menamai beberapa program dengan bahasa daerah Gorontalo, sebab ini adalah salah satu pilar dari perwujudan moderasi beragama, yakni pelestarian budaya local diantaranya Tolopani Podcast, Panita, Mosikola, Kalesani, dan Akaji serta beberapa program lainnya. Selain menyerap bahasa lokal gorontalo menjadi nama program, penamaan tersebut juga memiliki akronim,” urainya.

“Tolopani itu; toleransi lokomotif perdamaian negeri, ada Panita; kepanjangannya pengendalian iman terhadap grativikasi, juga ada Mosikola; moderat, simpatik, kompetitif, dan kolaboratif, kemudian ada Kalesani; kantin halal dan sangat nikamat, selanjutnya Akaji; akuntabel jujur dan integritas dan program-program ini secara keseluruhan berbasis digital yang difungsikan juga untuk menerjemahkan apa yang disebut dengan transformasi layanan,” sambungnya.

Sebelumnya kegiatan tersebut turut hadir pada kesempatan tersebut, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi, Asrul Lasapa, Kepala Seksi PendMa Kemenag Kota, Irwan Latif, Ketua Pokjawas, Herlina Djubu, serta Kepala MTs. Negeri/Swasta se-Kota Gorontalo. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar