Syafrudin: Pentingnya Wawasan Kebangsaan Kepada Para Siswa

KBRN, Gorontalo : Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo, Minggu (28/11/21) menggelar kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom GrandQ Hotel tersebut dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung dengan jumlah peserta sebanyak 50 siswa dari berbagai Sekolah Minggu Buddha (SMB).

Dalam Arahannya Kakanwil Kemenag  Syafrudin Baderung menyampaikan, kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan ini didalam rangka  untuk meningkatkan jiwa nasionalisme para siswa Buddhis dan tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu dan berdaulat.

"Dengan tujuan membentuk peserta didik sekolah Minggu Buddha Gorontalo menjadi generasi bangsa yang memiliki kecintaan terhadap NKRI dan sikap toleransi terhadap perbedaan baik perbedaan suku, agama, ras, golongan, dan budaya, mudah mudahan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan wawasan kebangsaan peserta didik agama Buddha serta pemahaman terhadap ajaran Buddha," ujarnya. 

Kakanwil mengatakan, pembinaan wawasan kebangsaan Seperti ini dipandang sangat penting bagi bangsa Indonesia yang majemuk, baik dari agama, suku bangsa, budaya maupun bahasa dan adat istiadat. 

"Di era globalisasi, digitalisasi dan informasi sekarang ini sangat dibutuhkan untuk memahami wawasan kebangsaan tentang sejarah dan budaya bangsa agar memiliki jiwa nasionalisme terhadap bangsa yang kita cintai ini serta dapat mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat antar sesama," tutur Syafrudin Baderung. 

"Setiap generasi adalah masyarakat baru yang harus memperoleh pengetahuan, mempelajari keahlian dan mengembangkan karakter publik maupun privat yang sejalan dengan demokrasi, sikap mental ini harus dipelihara dan dipupuk melalui perkataan dan pengajaran serta kekuatan keteladanan sejak dari usia dini, remaja sampai dewasa,” jelasnya lagi. 

"Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menghasilkan generasi muda yang memiliki kecintaan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta generasi muda yang memiliki sikap mental dan fisik yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif. Serta dapat meningkatkan kecintaan dan ketentraman terhadap NKRI, dengan pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan," harap Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo itu diakhir arahannya.(RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar