Pada Peringatan HSN di Sabrun Jamil, Kakankemenag Jelaskan Historisnya

KBRN, Bone Bolango : Hari Santri Nasional HSN diperingati setiap tanggal 22 Oktober.  HSN tingkat Kabupaten Bone Bolango   dipusatkan di Pondok Pesantren Sabrun Jamil Kecamatan Botupingge, Jumat (22/10/2021).

Kepala Kantor Kemenag Bone Bolango Arfan Tilome pada kesempatan itu menyampaikan Hari Santri tahun ini sudah yang keenam kali dilaksanakan.

"Peringatan hari santri merupakan bagian dari afirmasi pemerintah terhadap eksistensi pondok pesantren di Indonesia," kata Arfan

Menurut Arfan Tilome  pondok pesantren telah menjadi lembaga pendidikan tertua di Indonesia dimana terdapat banyak santri yang telah berkontribusi terhadap perkembangan Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak zaman sebelum kemerdekaan.

“Sebelum kemerdekaan, para santri di Indonesia melalui resolusi jihad mereka berperan untuk bisa melawan penjajah di bumi Indonesia, sehingga peran-peran para santri inilah yang di afirmasi oleh pemerintah dan diakomodir dalam sebuah sejarah besar,” ungkap Arfan.

Kakankemenag   menambahkan, keberadaan pondok pesantren di Indonesia saat ini telah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Merayakan hari santri   Kantor Kemenag Kabupaten Bonebol menggerakkan segala sumber daya seluruh pesantren untuk menyemarakannya dengan menggelar upacara peringatan hari santri  tahun 2021. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00