Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Gelar Bimtek Implementasi Kesiapan Bersekolah

Peserta Bimtek Implementasi Program Kesiapan Bersekolah

KBRN, Gorontalo : Peningkatan akses dan kualitas PAUD untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal tidak saja merupakan salah satu prioritas Nasional tetapi juga menjadi agenda global yang disepakati sejumlah Negara besar melalui program Sustainable Development Goals (SDGs). 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, Suleman Abdullah, S.Pd pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Tahun 2021 yang dilaksanakan di Nacas Cafe, Kamis (21/10/21). 

Suleman Abdullah mengatakan, target Sustainable Development Goals tersebut ditekankan secara khusus partisipasi pendidikan satu tahun pra-SD melalui pembelajaran yang tertata dan terarah (organized learning) sebagai upaya agar anak mempunyai kesiapan belajar (School readiness). Bahkan Ungkap Suleman, pendidikan satu tahun pra-SD di PAUD pentingnya anak usia dini memperoleh layanan kesehatan, belajar dan Psikososial. 

“Pada target SDGs nomor4.2 ditekankan secara khusus partisipasi pendidikan satu tahun pra-SD melalui pembelajaran yang tertata dan terarah sebagai upaya agar anak mempunyai kesiapan belajar (. Pada SDGs juga ditekankan  anak usia dini untuk mendapatkan layanan kesehatan, belajar dan Psikososial,” Ungkap Suleman.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF menambahkan,  Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas akan membantu anak didik tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga mereka akan memiliki bekal atau kesiapan untuk menghadapi berbagai tantangan belajar di jenjang pendidikan selanjutnya. 

Sementara itu Kepala Seksi Kurikulum PAUD, Kasma Wati Matulu menyampaikan, untuk merespon beragam isu terkait kesiapan bersekolah, maka Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini melaksanakan serangkaian program yang salah satunya yaitu program Bimbingan Teknis Implementasi Program Kesiapan Bersekolah. Bimtek ini dilaksanakan untuk membantu Dinas Pendidikan didalam melaksanakan program tersebut. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00