Siswa SMK 1 Tilamuta Ikut Pembimbingan Perkawinan Remaja pada Usia Sekolah

KBRN, Gorontalo : Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boalemo melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam terus melakukan Bimbingan Perkawinan Remaja pada Usia Sekolah. Kali ini, Kamis (16/09/21) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Boalemo menjadi target atau sasaran Kemenag Boalemo untuk melakukan pembimbingan. 

Kepala Kantor Kemenag Boalemo Dr. H. Sabara K. Ngou pada kegiatan itu menyampaikan,  remaja usia sekolah yang sudah mendekati usia pernikahan, patut diberi bimbingan. Mengingat saat ini banyak anak usia dini yang telah menikah tanpa ada bekal sedikitpun terkait pernikahan lebih-lebih terkait kehidupan rumah tangga.

Selain itu, dirinya juga turut menginformasikan pada siswa terkait persyaratan usia yang pernikahannya bisa dicatat oleh Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada pada masing-masing kecamatan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Dalam UU tersebut pada Pasal 7 point (1) menjelaskan bahwa perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria maupun perempuan sudah mencapai umur 19 (Sembilan Belas). Sehingga jika ada yang menikah sebelum usia tersebut, harus mendapatkan dispensasi dari Pengadilan Agama. Lalu ada perubahan dalam UU 

“Jadi, yang hadir hari ini merupakan siswa yang telah memasuki usia menikah, sehingga dari Kementerian Agama menganggap perlu melakukan sosialisasi tentang pernikahan. Tujuannya adalah agar remaja yang hadir hari minimal telah memiliki dasar atau fondasi terkait perkawinan dan kehidupan rumah tangga,” jelasnya.

Lebih lanjut Sabara menjelaskan bahwa Kementerian Agama merasa perlu melakukan bimbingan, bahkan bimbingan dilakukan juga ditingkat KUA. Alasannya,  karena meningkatnya angka perceraian di indonesia, dan hampir sebagian besar kasus perceraian akibat pernikahan diri.

“Sehingga betapa beruntung anda yang hadir hari ini karena mendapatkan ilmu yang gratis dan sangat bermanfaat bagi kehidupan adik-adik dimasa mendatang. Kami sudah banyak menemukan, bahkan pada setiap sekolah telah ada siswa yang memilih menikah dimasa pandemi. Namun saya berharap, adik-adik yang hadir hari ini bisamenyelesaikan pendidikan dengan baik, bahkan kejenjang yang lebih tinggi lagi,” harapnya (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00