Hadapi PON 2024, Percasi Provinsi Gorontalo Gelar Liga Catur

Foto Bobi

KBRN,Gorontalo:Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia(PERCASI) Provinsi Gorontalo menggelar Liga catur tahun 2021.

Liga Catur tersebut digelar 9 Desember 2021 dengan mempertandingkan Katagori beregu kelompok usia, Junior dan senior termasuk Master.

Liga catur ini merupakan program PERCASI Propinsi Gorontalo  berkolaborasi dengan pengurus kabupaten Se Provinsi Gorontalo.ungkap Ketua Umum PERCASI ProvinsiProvinsi Gorontalo Safrin Saipi,Jum'at(03/12/2021).

"Kejuaraan ini bersifat berjenjang yang akan bermuara pada Pra PON dan PON 2024 di Sumatera utara dan ACEH. Juga kejuaraan ini sebagai instrumen dengan model terbaru sebagai mekanisme pencarian bibit atlit berprestasi, termasuk sebagai mekanisme seleksi yang berorientasi pada prestasi menuju PON 2024"imbuhnya

Lanjut Safrin, Kejuaraan ini nantinya melibatkan atlit senior dan atlit junior dengan harapan untuk bisa memberi jam terbang bertanding bagi atlit junior.

"Sistem penentuan dan pengapresiasian sang juara sedikit banyak mengadopsi sistem kejuaraan dunia yang dilakukan oleh FIDE yang mempertarungkan sang juara dunia dengan penantang yang direkrut dari sistem seleksi yang dilakukan dengan menghasilkan penantang yang nantinya akan berduel untuk menghasilkan juara dunia berikutnya"tuturnya

Beberapa fasilitas yg didapatkan selain bonus bonus saat bertanding baik saat kejuaraan maupun saat duel juara liga, juga kami akan memberi fasilitas pada sang juara untuk mengikuti beberapa kejuaraan ditingkat regional maupun nasional serta fasilitas lainnya.

Menurutnya, dengan sistem tersebut sang juara bertahan akan terus mengasah kemampuannya untuk mempertahankan juaranya dan yang lain akan terus membina dan neningkatkan kemampuannya untuk menjadi penantang berikutnya.

"kejuaraan ini menjadi ikhtiar kita bersama dalam mempersiapkan atlit dengan mental bertanding yang siap, skil dan knowledge pecatur yanh hebat yang pada akhirnya akan memberi kontribusi prestasi buat Provinsi Gorontalo" tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar