Kemenpora Pandu Bakat Cabang Olahraga di Bone Bolango

Kepala Sub Bidang Pemanduan Bakat dan Identifikasi Bakat, Kemenpora RI, dr. Susana saat memberikan arahan kepada para siswa-siswi yang mengikuti pemanduan bakat cabang olahraga, di Lapangan Alun-Alun Bone Bolango, Jumat (22/10/2021). Foto: AKP/Diskominfo

KBRN, Gorontalo: Sebanyak 400 siswa-siswi usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Bone Bolango menjalani pemanduan bakat cabang olahraga yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bone Bolango.

Pelaksanaan pemanduan bakat cabang olahraga ini akan dilaksanakan di Lapangan Alun-Alun Bone Bolango selama dua hari dari tanggal 22-23 Oktober 2021, dibuka secara resmi Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli, Jumat (22/10/2021).

Kepala Sub Bidang Pemanduan Bakat dan Identifikasi Bakat, Kemenpora RI, dr. Susana mengungkapkan program pemanduan bakat cabang olahraga ini merupakan program unggulan dari Kemenpora yang memang setiap tahunnya dilaksanakan, baik di tingkat provinsi maupun ke kabupaten/kota.

“Jadi setiap tahunnya kami memang sudah ada anggarannya untuk program pemanduan bakat cabang olahraga, karena memang lewat kegiatan ini kita mencari bibit-bibit atlet yang berpotensi yang akan dibina dan kita kembangkan,”ungkap Susana.

Dokter Susana menuturkan pemanduan bakat cabang olahraga di Kabupaten Bone Bolango ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 kemarin. Namun karena Pandemi Covid-19 harus diundur pada tahun 2021."Pemanduan bakat cabang olahraga ini akan kami laksanakan selama 2 hari kedepan yang akan dibagi menjadi beberapa sesi,"tutur dokter Susana.

Ia menambahkan kegiatan pemanduan bakat cabang olahraga ini tetap memperhatikan Protokol Kesehatan mengingat masih dalam masa Pandemi Covid-19."Selama proses pemanduan para siswa kita wajibkan tetap memakai masker, tetapi saat mengikuti tahap seleksi lari 40 meter mungkin bisa melepas masker karena bisa merasa pengap,"ujar Susana.

Susana pun berharap para siswa bisa menjalankan proses pemanduan bakat dengan baik agar bisa dibina dan dikembangkan menjadi atlet Nasional bahkan Internasional oleh Kemenpora RI."Saya berharap di Kabupaten Bone Bolango banyak atlet yang berpotensial untuk dibina dan dikembangkan,"harap Susana.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bone Bolango, Muhamad Yamin Abbas mengaku bersyukur bisa dipercayakan oleh Kemenpora RI untuk melaksanakan pemanduan bakat cabang olahraga dengan target peserta bisa mencapai 400 siswa.

Ia juga mengungkapkan Bone Bolango merupakan daerah ketiga yang ditunjuk oleh Kemenpora RI setelah Provinsi Maluku Utara dan Bali yang bisa melaksanakan pemanduan bakat cabang olahraga untuk para siswa.

"Mudah-mudahan ini akan berlanjut terus bukan hanya sampai di pemanduan bakat, tetapi ada kegiatan lain lagi yang bisa dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango,"ungkap Kadis Yamin.

Kadis Yamin juga menuturkan para siswa yang mengikuti pemanduan bakat cabang olahraga ini telah menjalani vaksinasi dan merupakan siswa berprestasi di sekolah masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00