BI Dorong Penukaran Kolektif UPK 75 Tahun RI

Laman pintar.bi.go.id untuk pemesanan online penukaran UPK 75 Tahun RI.

KBRN, Gorontalo : Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK)  75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia  dengan nominal Rp.75.000 telah diedarkan secara serentak di seluruh Provinsi di Indonesia. Sebagai upaya mempercepat pengedaran UPK 75 tahun RI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo membuka kesempatan kepada masyarakat melakukan penukaran untuk mendapatkan UPK tersebut.

Dihubungi RRI, Arif Setyowidodo dari KPwBI Gorontalo  menjelaskan tata cara penukaran UPK  bisa dilakukan secara individu maupun kolektif.  Menurut Arif informasi pemesanan dapat dilakukan secara online melalaui laman website www.pintar.bi.go.id. Sementara cara kolektif saat ini gencar dilakukan oleh Bank Indonesia untuk meminimalisir potensi kerumunan masyarakat di loket BI.

“Persyaratan untuk melakukan penukaran yaitu tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dimana 1 KTP untuk 1 lembar UPK 75 tahun RI. Karena ini secara kolektif  yang mengajukan penukaran minimal 17 orang dengan menunjuk  1 orang yang datang mewakili melakukan penukaran di kantor kami,” jelas Arif Setyowidodo, Kamis (17/9/2020)

Arif menambahkan melalui laman website pintar.bi.go.id dapat mendownload form permohonan dan form pemesanan yang harus diisi oleh masyarkat.

“Untuk Provinsi Gorontalo jumlah UPK 75 tahun RI mendapat jatah atau kuota sebanyak 200 ribu lembar. Saat ini masih cukup tersedia dan jadwal sementara sampai 30 September 2020 penukaran di KPwBI. Namun per Oktober dapat melakukan penukaran selain di BI juga Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00