Implementasi ETP Pemda Bone Bolango Salah Satu Terbaik di Indonesia

Deputi Direktur Bank Indonesia Budi Widihartano bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada Webinar Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah menuju Era Kenormalan Baru

KBRN, Gorontalo : Bank Indonesia (BI) mendorong Pemerintah Daerah diseluruh Indonesia menerapkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik dan meningkatkan potensi penerimaan Pemerintah Daerah melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk dan saluran distribusi. Di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango menjadi salah satu daerah yang sukses menerapkan ETP.

Hal itu disampaikan Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto pada Web Seminar (Webinar) dengan tema Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah menuju Era Kenormalan Baru di Kantor Perwakilan Bank Indonesia,  Rabu (8/7/2020).

Pemilihan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menjadi salah satu narasumber dalam Webinar ini didasarkan pada penilaian penyelenggara kegiatan bahwa Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu daerah yang sukses dalam menerapkan ETP.  

“Dalam penerapan ETP, Kabupaten Bone Bolango salah satu daerah terbaik di Indonesia. Prestasi tersebut dibuktikan dengan transaksi pengeluaran Pemerintah Daerah Bone Bolango yang seluruhnya (100%) telah dilakukan secara non-tunai, bahkan diterapkan hingga ke tingkat desa,”Jelas Budi Widihartanto

Sementara Bupati Hamim Pou, menyampaikan success story penerapan ETP di Kabupaten Bone Bolango. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah menciptakan aplikasi Sistem Integrasi Keuangan dan Pendapatan Daerah (SIKAP) untuk transaksi penerimaan pajak daerah tanpa harus datang ke kantor pajak .

“Kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango akan terus mengembangkan perluasan elektronifikasi daerah, diantaranya penerapan penerimaan retribusi masuk tempat wisata dan retribusi pasar menggunakan kanal pembayaran berbasis Qiuck Response Indonesia Standar (QRIS),”ujarnya

Webinar diselenggarakan Bank Indonesia  bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

JAPESDA: Deforestasi Penyebab Banjir di Gorontalo

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00