70 Persen Wilayah Hutan, Bonebolango Punya Perda Lahan Abadi

KBRN, Gorontalo  : Kabupaten Bone Bolango adalah daerah yang memiliki lahan pertanian yang sangat terbatas karena sekitar 70 persen adalah wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) atau wilayah hutan. Karena itu, Bone Bolango sudah dideklarasikan sebagai kawasan konservasi yang berkomitmen besar pada pemeliharaan lingkungan. Sementara potensi lahan untuk sektor pertanian sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi daerah relative terbatas.

"Untuk itu, kebijakan pertanian di Bone Bolango harus berwawasan konservasi dan juga kawasan lingkungan," ungkap Bupati Hamim Pou, Selasa (21/1/2020)

Kemudian kebijakan yang dibuat Pemerintah Daerah membuat Peraturan Daerah (Perda) Lahan Abadi Pertanian Berkelanjutan. Komitmen mencegah secara maksimal bagaimana terjadi alih fungsi lahan pertanian subur seperti sawah menjadi permukiman, perkantoran atau pemerintahan

“Kita menjaga lahan sawah yang tersedia sekarang jangan sampai dialih fungsi menjadi pemukiman atau peruntukan lain.Karena kedepan kebutuhan pangan akan semakin meningkat sehingga ketersediaan lahan pertanian sangat menentukan ketersediaan dan ketercukupan pangan di daerah,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00