Marten Taha, UMKM Penggerak Utama Perekonomian Di Kota Gorontalo

Foto Humas

KBRN,Gorontalo:Sejak Pendemi Covid 19 melanda Indonesia termasuk Provinsi Gorontalo sejumlah Pelaku Usaha mengalami guncangan yang berdampak pada penurunan pendapatan UMKM khususnya di Kota Gorontalo.

Hal ini berdampak pada terjadinya perlambatan pergerakan roda perekonomian masyarakat.

Pelaku usaha khususnya yang bergerak dibidang UMKM merupakan penggerak utama perputaran perekonomian di Kota Gorontalo, tetapi dua tahun terakhir ini perekonomian di Gorontalo terpuruk atau stagnan karena UMKM ini tidak sepenuhnya melakukan aktifitas akibat adanya pembatasan kegiatan masyarakat ditengah wabah Covid 19,ungkap Wali Kota Gorontalo Marten Taha usai membuka Diklat Peningkatan Kapasitas SDM bagi Pelaku UMKM Kota Gorontalo di Hotel Maqna,Selasa(05/07/2022).

Lanjut Marten Taha, Perekonomian Kota Gorontalo sebagain besar ditopang dari sector jasa dan perdagangan yang nota benya dari UMKM, sehingga Pemerintah membuka peluang kerjasama dengan pelaku UMKM melalui program dan kebijakan pemerintah Kota Gorontalo.

“hambatan yang paling nyata yang dihadapi UMKM itu ada tiga hal penting, yang pertama permodalan, pemasaran dan skill. Dalam manajemen peningkatan kualitas SDM para pelaku UMKM, Pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan penguatan terhadap kapasitas kepada pelaku UMKM melalui diklat peningkatan SDM pelaku usaha, sehingga mereka bisa mampu meningkatkan usahanya baik dari sisi volume maupun dari sisi kualitas dan kuantitas usaha”ujar Marten Taha   

Marten Taha menambahkan selain melaksanakan diklat Pemerintah Kota Gorontalo juga memberikan bantuan berupa akses untuk memperoleh kredit usaha rakyat tanpa agunan melalui perbankan. 

Selain itu pemerintah kota Goronto juga mengambil peran mempasilitasi pelaku UMKM melalui Promosi Prodak secara online dengan memanfaatkan aplikasi dari pemerintah Kota Gorontalo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar