Program APEKSI Fokus Pada Pemulihan Ekonomi Nasional

Foto Humas

KBRN,Gorontalo:Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia(APEKSI) saat ini tengah menyusun program kegiatan dimasa transisi dari Virus Covid 19 menjadi Endemik.

Setelah kurang lebih 2 tahun, perekonomian indonesia terpuruk akibat pandemi Covid-19, menjadi perhatian APEKSI. Program yang akan dilaksanakan fokus pada pemulihan ekonomi Indonesia,ungkap wakil ketua I APEKSI Marten Taha Usai hadiri Hari Ulang(HUT) Tahun ke-22 Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia di Bandar Lampung, Jum’at (27/05/2022).

Menurutnya pemulihan ekonomi nasional dibutuhkan inovasi, sinergitas dan kebijakan yang tepat dan tidak dilakukan secara parsial. Salah satu yang harus dilakukan melalui pengembangan produk hasil Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang dikombinasikan dengan produk lain yang ada di Indonesia.

“Apeksi itu mengambil bagian penting didalam membangkitkan perekonomian merekafri ekonomi karena kita sudah rasakan lebih dari dua tahun ekonomi kita terpuruk sehingga kita seluruh wali Kota se Indonesia membuat kajian merumuskan suatu model pengembangan UMKM dalam rangka membangkitkan ekonomi karena kota-kota di seluruh indonesia itu umumnya digerakan oleh UMKM yaitu melalui sector perdagangan dan jasa”imbuhnya.  

Marten Taha yang juga sebagai wali Kota Gorontalo ini optimis melalui UMKM, perekonomian Indonesia termasuk di Gorontalo akan berangsur pulih.

Masih Kata Marten Taha Peran UMKM ini sangat penting selain meningkatkan produk local juga akan menyerap tenaga kerja hingga 90 persen.

Rumusan pengembangan UMKM ini akan dibahas pada rapat kerja Nasional Agustus mendatang, melibatkan seluruh stekholder, mulai akademisi termasuk kementerian terkait. Pada Raker nanti juga akan dilaksanakan EXPO mempilkan hasil UMKM di daerah di Indonesia

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar