Tempat Pengolahan Sampah TPS3R Di Kelurahan Leato Selatan Resmi Dimanfaatkan

Foto Humas

KBRN,Gorontalo:Wali kota Gorontalo Marten Taha resmikan Reduce, Reus dan Recyle (TPS3R) kelurahan Leato selatan kecamatan Dumboraya,Senin(17/01/2022).

Anggaran Pembangunan tempat pengolahan sampah tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus Dinas PUPR Kota Gorontalo tahun anggaran 2021 sebesar Rp.500 Juta.

TPS3R ini sebagai pusat pengolahan sampah industri masyarakat berbasis tehnologi, efektif efisien dan ramah lingkungan. TPS3R ini memiiki dampak positif selain untuk mengurai sampah juga akan diolah menjadi sumber pendapatan masyarakat setempat,ungkap Marten Taha. 

Masyarakat diminta agar tidak lagi membuang sampah sembarang tempat tetapi langsung diantar ke TPS3R.

“TPS3R ini selain untuk mengurai sampah juga bisa memberi manfaat bagi warga yang ada disini karna masyarakat bisa menjual sampahnya disini, jadi ini juga bermanfaat dari sisi ekonomi, artinya ada pendapatan yang bisa diperoleh masyarakat dengan adanya oprasional dari TPS3R ini”terangnya.  

Sementara itu kepala dinas PUPR kota Gorontalo Rifaldi Bahsoan menjelaskan pembangunan TPS3R ini merupakan terobosan pemerintah kota Gorontalo dalam memanfatakan sampah yang bernilai eknomis dan ramah lingkungan.       

“saya berharap bahwa nantinya setelah diserahkan kepada masyarakat sebagai penerima manfaat agar digunakan sebaik mungkin karena untuk datang lagi kegiata yang sama itu sangat susah”imbuhnya 

Pada kesempatan itu Camat Dumbo Raya Sutami Suratinoyo mengungkapkan dengan adanya TPS3R di wilayah pesisir pantai leato ini akan bersih dari persampahan.

TPS3R Kelurahan leato selatan tersebut merupakan yang ke 10 tersebar di 9 kecamatan di kota Gorontalo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar