Momen Hari Radio Pegawai RRI Gorontalo Kenakan Baju Adat

Kepala RRI Umi Iryani (tengah) mengenakan busana adat Gorontalo Biliu didampingi Kabid TMB Kamaludin Kamal (Paling Kanan), Kabid Pemberitaan Risal Rachim, Kabid LPU Nontje Tawang dan Kabid Siaran Achmad Yani Nyanggu (Paling Kiri) usai penyulutan obor Tri Prasetya RRI, Jumat (11/9/2020)

KBRN, Gorontalo : Ada nuansa berbeda pada peringatan Hari Radio ke 75 tahun 2020 di RRI Gorontalo.  Setelah mengikuti upacara bendera para angkasawan kemudian mengikuti prosesi penyulutan Obor Tri Prasetya yang dipandu secara nasional oleh Direktur Utama LPP RRI M.Rohanudin, Jumat (11/9/2020).

Biasanya pada Hari Radio para pegawai RRI menggunakan seragam Dinas, tetapi tahun ini lebih menonjolkan adat dan budaya daerah.

Studio Tri Prasetya sebagai tempat pelaksanakan acara itu,  dirancang dengan latar belakang “Puade” atau mahligai pelaminan pengantin Gorontalo.

Saat penyulutan obor Tri Prasetya, Kepala RRI Dra.Umi Iriyani,MM terlihat serasi menggunakan busana adat Bili’u warna kuning lengkap dengan asesoris dan perhiasannya. Para Kepala Bidang yang turut mendampingi juga mengenakan baju takowa yaitu baju yang biasa dipakai pada upacara adat Gorontalo.

Khusus Pegawai RRI pada momen penuh kebahagiaan itu, seluruhnya menggunakan baju karawo dan untuk perempuan lengkap dengan kain sarung Beleuto.  Beleuto sendiri adalah bagian dari busana perempuan Gorontalo tempo dulu saat melakukan aktivitas diluar rumah berfungsi melindungi badan dari sengatan sinar matahari sekaligus sebagai penutup aurat.

Dimasa Pandemi Covid 19, Gubernur Rusli Habibie  mengangkat lagi tradisi  Beleuto karena dinilai relevan dengan situasi dan kondisi saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00