Babinsa fungsikan Kentongan untuk peringatan dini bencana alam .

KBRN  Gorontalo:Mewujudkan lingkungan yang aman dan siaga serta siaga bencana, perlu dibangun pos sistem keamanan lingkungan Poskamling dan pos jaga di sekitar wilayah tempat tinggal warga. Pos Kamling sudah memulai memudar bahkan menghilang perlahan seiring dengan berkembangnya jaman di tambah dengan kesibukan warga yang bisa di bilang sangat kompleks. Mengaktifkan kembali poskamling Danrem 133/NW Kolonel Inf Arnold Ritiau mengingtruksikan jajarannya untuk mengaktifkan kembali fungsi pos kamling .

“saya intruksikan agar Babinsa di wilayah Gorontalo seluruhnya untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling yang ada di wilayah binaan masing-masing,serta membuat sarana komunikasi  darurat seperti kentongan agar peringatan dini bencana alam dapat diketahui oleh seluruh warga. menindaklanjuti Intruksi Ini Dandim  Kodim 1304 Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana menjelaskan peran Babinsa jajaran Kodim harus mampu membina kesadaran warga untuk mengaktifkan kembali pos kamling di wilayah binaannya.

“Alat komunikasi tradisonal kentongan merupakan alat komunikasi darurat yang efektif dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya Kentongan bisa digunakan meski diwilayah tersebut tidak terdapat aliran listrik ataupun signal telepon.”jelas Dandim

Letkol Inf Allan Surya Lesmana menambahkan,Kentongan berfungsi sebagai alarm kepada warga jika terjadi musibah atau bencana di wilayahnya untuk itu di himbau kepada seluruh warga agar mengaktifkan kembali  pos kamling guna mendeteksi dan cegah dini kejahatan  serta  musibah bencana demi keselamatan keamanan serta kesejahteraan bersama.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00