PKK Boalemo Sosialisasikan Adat Dan Budaya Kepada Masyarakat

KBRN, Gorontalo : Guna  melestarikan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Boalemo, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Boalemo menggelar sosialisasi, di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Tilamuta, Rabu (15/9/2021).

Plt. Ketua TP. PKK Boalemo Ny. Dra. Lisna Mohi Jusuf mengatakan, pelaksanaan kegiatan yang bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan Tilamuta tersebut, merupakan bentuk penguatan pelaksanaan adat dan budaya kepada masyarakat Boalemo.

“Adat merupakan sintesa budaya yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Gorontalo, adat istiadat tersebut terus tumbuh dan lestari dalam kehidupan masyarakat, bagi masyarakat adat istiadat sebagai dasar pijakan dalam bertindak dan berperilaku,” kata Plt. Ketua TP PKK Lisna Mohi.

Menurutnya, adat merupakan satu kegiatan yang sakral, seperti kegiatan dalam kegiatan pemerintahan

Atau kegiatan sosial kemasyarakatan yang ada di Boalemo, selalu merujuk pada adat istiadat.

“Adat diartikan sebagai kesopanan, tatakrama dan lain-lain, yang hakekatnya adalah keindahan atau molamahu,” ujar Ketua TP PKK Lisna Mohi.

Olehnya Lisna Mohi Jusuf berharap, kegiatan sosialisasi tersebut menjadi motivasi bagi pemerintah maupun masyarakat untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Boalemo Sherman Moridu menegaskan pentingnya peran Kepala Desa sebagai ketua adat yang ada di desa, dalam melestarikan adat gorontalo yang hingga kini masih terus terjaga di Kabupaten Boalemo.

“Kedudukan Kepala Desa dalam adat ini sangat penting, oleh karena itu kedudukan adat gorontalo ini mari kita jaga dengan baik, perlu kita lestarikan, kita harus ketahui bersama kedudukan boalemo dalam adat duluo limo lo pohalaa itu sangat penting,” kata Sekda Sherman Moridu. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00