Persiapkan Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kakanwil: Kami Terus Lakukan Koordinasi

KBRN, Gorontalo : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo Syafrudin Baderung menegaskan Pemerintah sedang melakukaan koordinasi persiapan pelaksanaan haji tahun 2022.

“Pemerintah sekarang sedang dalam tahapan persiapan. Saat ini bagasi untuk jemaah asal Provinsi Gorontalo sudah berada di Asrama Haji Gorontalo dan dalam proses penyelesaian administrasi untuk kemudian akan didistribusikan kepada jemaah,” kata Kakanwil

“Kami terus melakukan berbagai koordinasi, baik itu internal Kementerian Agama maupun dengan Pemerintah Daerah serta pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan haji,” lanjutnya.

Menurut Kakanwil, kuota jemaah yang berhak melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan pada musim haji 1443 H/2022 M Gorontalo sejumlah 444 orang.

“Dari data yang kami terima terkait pelunasan dan konfirmasi keberangkatan, terdapat jemaah yang tidak menyampaikan konfirmasi, jemaah mengundurkan diri karena sakit dan pembatalan pemberangkatan bagi jemaah yang belum sesuai ketentuan,” kata Kakanwil.

“Tentunya hal-hal tersebut tidak akan mengurangi kuota, karena jemaah yang berhalangan berangkat tadi akan diganti dengan cadangan yang telah ditetapkan sesuai urutan nomor porsi berikutnya,”

Hal itu disampaikan Syafrudin Baderung dalam penyampaiannya pada Bimbingan Manasik Jemaah Haji Reguler Tahun 2022 di Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (21/05/2022).

“Dari beberapa persiapan yang telah dilakukan ini membantah isu hoaks yang beredar bahwa haji dibatalkan itu tidak benar. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah ke Arab Saudi untuk memastikan layanan yang akan diberikan ke jemaah haji sudah siap,” tegas Kakanwil.

“Kapan jemaah haji dari Gorontalo berangkat ke tanah suci?, sudah masuk dalam tentatif pemberangkatan secara nasional, dan menunggu penetapan resmi dari Kemenag Pusat,” tandasnya.

Hadir dalam pada kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bone Bolango Arfan A. Tilome dan Kepala Seksi PHU H. Jasmin Hilomalo serta tim Monev Bimbingan Manasik Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil. (rls/Kemenag.go.id) (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar