Satu Desa Satu Nakes, Perkuat Sistem Pelayanan Kesehatan di Gorontalo Utara

Legislator Partai Persatuan Pembangunan DPRD Gorontalo Utara Matran Lasunte, Foto : Dok. Pribadi

KBRN, Gorontalo – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte, menyarankan pemerintah daerah agar memprogramkan satu desa satu tenaga kesehatan (Nakes).

Matran Lasunte mengatakan, program tersebut tidak saja mengakomodir tenaga kesehatan, namun juga kesehatan masyarakat bisa lebih terjamin. Apalagi, lanjutnya, di Provinsi Gorontalo sudah banyak melahirkan sarjana-sarjana dibidang kesehatan.

“Saya sebagai wakil rakyat tentu punya ide dan gagasan, untuk menempatkan 1 nakes untuk 1 desa. Karena saat ini sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo khususnya di Gorut dari perguruan tinggi terus melahirkan sarjana kesehatan. Sehingga pemerintah daerah perlu mempetakan berapa banyak sarjana atau tenaga kesehatan yang tidak tercover,” kata Anggota DPRD Gorontalo Utara Matran Lasunte, Kamis (27/1/2022).

Ia berharap, saran yang dia berikan ini menjadi perhatian penuh pemerintah daerah. Sebab selama ini,  desa-desa di Gorontalo Utara masih sangat minim dari fasilitas maupun tenaga kesehatan.

“Maka dengan diadakannya program tersebut, tentu kita tidak akan mendengar lagi, ada seorang pasien yang masuk rumah sakit dalam keadaan kritis gara-gara minimnya fasilitas kesehatan setempat dan juga minimnya tenaga keperawatan,” jelas politisi PPP itu.

Legislator Partai Persatuan Pembangunan DPRD Gorontalo Utara ini juga mengatakan, dampak lain yang diberikan dengan diterapkan usulan tersebut nantinya tenaga kesehatan yang telah selesai menjalani pendidikan, yakni pemerintah daerah tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan pelatihan, bimtek, dan lain sebagainya.

“Karena mereka adalah tenaga tenaga yang terdidik hanya tinggal kita pastikan bahwa mereka sudah mengantongi Surat Tanda Registrasi (STR). Jadi kalau sudah terbit STR maka mereka sudah terlatih atau sudah sertifikat kompetensi sudah dimiliki,” tuturnya.

Matran Lasunte pun menyampaikan akan memperjuangkan gagasan tersebut dengan terus membangun sinergitas dengan pemerintah daerah agar dapat terwujud. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar