Asrama Haji Gorontalo Menjadi Prototype Nasional

KBRN, Gorontalo : Pasca peninjauan dan penetapan lokasi pembangunan gedung baru yang akan didirikan di Asrama Haji Gorontalo, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo Syafrudin Baderung menghadiri rapat pemaparan laporan pendahuluan perencanaan pembangunan gedung Asrama Haji Tahun Anggaran 2022, Kamis (27/1/2022).

Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Mahmud Bobihu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ibrahim Sore, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang PHU, Muhaiminul Azis Yunus beserta tim konsultan perencana di Meeting Room Hotel El Madinah Asrama Haji Gorontalo.

“Ada beberapa hal yang perlu ditekankan pada pembangunan gedung asrama haji ini yakni pertimbangan desain dan estetika gedung seperti tampilan depan gedung benar-benar elegant dan harus dilakukan sesuai dengan prototype agar pemanfaatannya jelas,” ungkap Kakanwil.

“Asrama ini untuk pelayanan jemaah maka fasilitas penunjang sangat perlu termasuk eskalator. Maka dari itu, untuk gedung ini, eskalator harus tersedia karena itu kebutuhan jemaah yang bisa digunakan sebagai simulasi saat melaksanakan ibadah haji ataupun umrah,” tambahnya.

Kakanwil mengatakan prototype dari pusat merupakan dasar dalam membuat perencanaan selanjutnya, desain yang sebenarnya ada pada tim perencana disesuaikan dengan kondisi, olehnya tata letak gedung pun dimanfaatkan betul-betul, mengingat Asrama Haji Gorontalo menjadi prototype nasional dan menjadi rujukan untuk Provinsi-provinsi lain.

“Asrama Haji Gorontalo ini menjadi prototype nasional serta rujukan untuk provinsi-provinsi lain karena fasilitasnya. Maka dari itu, saya berharap tata letak gedung ini pun benar-benar dimanfaatkan dan seefisien mungkin diperhatikan sesuai dengan lokasi yang ada di Asrama Haji,” tandasnya.  (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar