Kemenag Kota Gorontalo, Fokus sukseskan Program Toleransi Beragama

KBRN, Gorontalo : Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, laksanakan rapat pembahasan terkait dengan persiapan pelaksanaan program Tahun 2022, yang dipimpin langusng oleh Kepala Kantor, Misnawaty S. Nuna, didampingi Kasubag TU, Abdulrahman Yusuf, yang diikuti Pejabat Pengawas, Kepala KUA Kecamatan, serta Kepala Madrasah (RA, MI, MTs, MA Negeri/Swasta) se-kota gorontalo, bertempat diaula PLHUT Kemenag Kota.

Kakankemenag Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna pada rapat tersebut mengatakan, untuk persiapan pelaksanaan tahun 2022 sebagai tahun toleransi, maka di tahun ini arahan dari kemenag seluruh kegiatan wajib bertuliskan tema besar moderasi beragama.

“Pokoknya semuanya dikaitkan dengan moderasi beragama, baik di madrasah di KUA, di pondok pesantren maupun penyelenggaran haji dan umrah, semuanya. Di semua lini wajib menuliskan moderasi beragama sebagai tema besar,” ujar Misna.

Harapannya, bahwa moderasi beragama ini bisa tersosialisasi dan teredukasi ke masyarakat, terutama khusus bagi di KUA yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat agar bisa secara masif melaksanakan moderasi beragama sebagaimana mestinya.

“Dengan perayaan tahun baru kemarin yang aman dan damai. Sepertinya moderasi beragama yang kita sampaikan ini sudah tersebar luas di masyarakat sehingga hal-hal yang kita khawatirkan seperti kekerasan dan pertikaian, tidak terjadi sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Misnawaty pun mengungkapkan, untuk tahun ini akan ada refocusing anggaran besar-besaran sebanyak 30 persen dan lima persen akan diambil di awal tahun ini, olehnya itu dirinya meminta untuk seluruh bagian bisa melakukan penyerapan anggaran sampai dengan bulan juni atau satu semester sudah mencapai 75 persen.

“Kalau tidak sampai 75 persen maka anggaran kita akan di tarik oleh pusat tanpa ada pemberitahuan. Kita sudah harus segera melakukan penyerapan anggaran,” imbuhnya. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar